:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Hubungan faktor kredibilitas media terhadap aktivitas akses berita online berdasarkan segmentasi psikografis = Correllation of M\media credibility factor and online news access activity based on psychographics segmentation

Ardha Renzulli; Nainggolan, Juli Bestian, supervisor; Pinckey Triputra, examiner; Zulhasril Nasir, examiner ([Publisher not identified] , 2012)

 Abstrak

ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang hubungan antara faktor kredibilitas media
terhadap aktivitas akses berita online berdasarkan segmentasi psikografis pada
pengguna internet di enam kota di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik
pengumpulan data multi stage random sampling dan analisis statistik deskriptif,
uji korelasi, dan analisis cluster. Hasil penelitian ini secara umum menunjukkan
bahwa faktor kredibilitas media yang memiliki hubungan signifikan dengan
aktivitas akses berita online adalah Trustworthiness, Currency, Multimediality,
dan Appreciation. Sementara faktor Interface tidak memiliki hubungan yang
signifikan dengan aktivitas akses berita online. Penelitian ini juga
mengungkapkan bahwa faktor-faktor kredibilitas media diatas memiliki hubungan
yang berbeda-beda terhadap aktivitas akses berita online pada tiap-tiap kelompok
pengguna internet yang didasarkan pada kesamaan psikografis diantara
anggotanya

ABSTRACT
This study discusses the correlation between media credibility factors and
online news access activity based on psychographic segmentation among Internet
users in six cities in Indonesia. The research method used in this study is a
quantitative research method with multi-stage random sampling applied as data
collection techniques and descriptive statistics, correlation analysis, and cluster
analysis as analysis tools. In general, the result shows Trustworthiness, Currency,
Multimediality, and Appreciation are the media credibility factors that have a
significant correlation with the online news access activity. Meanwhile, Interface
is the only factor which doesn?t have a significant relationship with the online
news access activity. The study also reveals that media credibility factors
mentioned above have a different correlation to the online news access activity in
each Internet user groups which form based on psychographic similarities among
its members.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : T 30406
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2012
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 128 pages : illustration ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T 30406 15-18-703245624 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20304093