:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Hubungan karakteristik dan pelaksanaan tugas perawatan kesehatan keluarga dengan status kesehatan pada aggregate lansia dengan hipertensi di Kecamatan Jetis Yogyakarta = The correlation of family characteristics and implementation of family health task on the aggregate of elderly with Hypertension in Jetis, Yogyakarta

Amigo, Thomas Aquino Erjinyuare; Junaiti Sahar, supervisor; Sukihananto, supervisor; Astuti Yuni Nursasi, examiner; Ni Made Riasmini, examiner (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Kesehatan lansia dengan hipertensi di Kecamatan Jetis, Yogyakarta dapat dipengaruhi oleh pelaksanaan tugas perawatan kesehatan dalam keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik dan pelaksanaan tugas perawatan kesehatan keluarga dengan status kesehatan aggregate lansia dengan hipertensi. Desain deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional digunakan dalam penelitian pada 163 responden yang diperoleh dengan teknik klaster proporsional di masing-masing kelurahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan pendidikan, penghasilan, kemampuan keluarga mengenal dan pelaksanaan tugas perawatan kesehatan keluarga pada aggregate lansia dengan hipertensi (p = 0,000; 0,001; 0,004; dan 0,009). Program pendidikan kesehatan secara informal bagi masyarakat disarankan untuk ditingkatkan.

The implementation of health care tasks within the family may affect the elders' health status. This study aimed to determine the correlation of family characteristics and implementation of family health task on elderly with hypertension in Jetis, Yogyakarta. A descriptive correlation design with crosssectional approach and proportionate cluster sampling was applied to 163 respondents. It showed that there is a correlation of education, income, ability to recognize and treat families with the health status of elderly with hypertension (p = 0,000; 0,001; 0,004; dan 0,009). An informal health education for the community is advised to be improved.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : T30693
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xv, 115 pages : illustration ; 30 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T30693 15-19-283773237 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20304853