ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap perpustakaanMTs Negeri 3 Jakarta Selatan yang di tinjau dari aspek sumber daya manusia(SDM), koleksi, serta sarana dan prasarana. Penelitian ini adalah penelitiankuantitatif dengan metode studi kasus deskriptif. Teknik pengumpulan datadengan kuesioner sebagai sumber utama, dan dilengkapi dengan wawancara, danobservasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadapperpustakaan yang ditinjau dari aspek tenaga perpustakaan mendapatkan skor2,74, aspek koleksi mendapatkan skor 2,64, dan aspek sarana dan prasaranamendapat skor 2,48. Sehingga skor rata-rata persepsi siswa terhadap perpustakaanyang dinilai dari 3 aspek tersebut hanya bernilai 2,61 dari skor maksimal 4,00.Skor 2,61 berada pada interval 2,51-3,75 yang menunjukan penilaian baik. ABSTRACT This research aimed to discover the students? perceptions toward library inMadrasah Tsanawiyah Negeri 3 of South Jakarta that reviewed from three aspects;those are human resources, collections, facilities and infrastructures. This researchis a quantitative one using a descriptive case study approach. The data collectingtechniques are questioners as a main source, interview and observation asadditional sources. The results of this research show that the students? perceptionstoward library that reviewed from human resources aspect obtain score 2,74;collections aspect obtain score 2,64; facilities and infrastructures obtain score2,48. So that the average score of the students? perceptions toward library thatreviewed from those three aspects obtain score only 2,61 from the maximumscore 4,00. Score 2,61 is on interval 2,51-3,75 that shows good appraisal. |