ABSTRAK Kemacetan merupakan keadaan tersendatnya kendaraan bermotor. Kemacetansecara kuantitatif dapat diukur dengan tingkat kemacetan. Tingkat kemacetandisebabkan oleh tingkat pelayanan jalan yang rendah. Tingkat pelayanan jalan inisalah satunya dapat dipengaruhi oleh hambatan samping. Pusat-pusat kegiatanselama ini dianggap menjadi penyebab kemacetan karena menimbulkan hambatansamping pada ruas jalan, termasuk Kota Depok yang mengalami pertumbuhanpusat-pusat kegiatan yang cukup pesat belakangan ini. Penelitian mengenaikemacetan pada pusat-pusat kegiatan di Kota Depok ini dimaksudkan untukmengetahui pola keruangan dan pola waktu kemacetan serta faktor penyebabkemacetan pada pusat-pusat kegiatan di Kota Depok. Dengan menggunakananalisis deskriptif secara temporal dan analisis spasial diharapkan dapat diketahuipola keruangan kemacetan pada pusat-pusat kegiatan di Kota Depok. Hasilanalisis tersebut selanjutnya disampaikan dalam bentuk peta yangmenggambarkan pola keruangan kemacetan pada wilayah penelitian. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa pola keruangan kemacetan di Kota Depok terjadipada pusat kegiatan administrasi pada hari kerja dan pusat kegiatan perdaganganpada akhir pekan. Kemacetan pada hari kerja cenderung terjadi sepanjang hari,sedangkan pada akhir pekan terjadi pada siang dan sore hari ABSTRACT Congestion is a state motor vehicle delays. Congestion can be measuredquantitatively by the level of congestion. Level of congestion is caused by a lowlevel of service. This level of service can be influenced by the side friction.Centers of activity all this time have been considered to be the cause of congestionbecause it raises friction on the road, including the City of Depok, which centersof activity experience a quite rapid growth lately. Research on the topic ofcongestion in the centers of activites in the City of Depok is intended to determinethe spatial and temporal pattern of congestion, as well as the causes of congestionin the centers of activities in the City of Depok. By using temporary descriptiveanalysis and spatial analysis, researcher expected to determine the spatial patternof congestion on the centers of activities in the City of Depok. The results are thenpresented in the form of maps depicting the spatial pattern of congestion in thearea of research. The results showed that the spatial pattern of congestion in theCity of Depok occurred in the center of activity on weekdays and administrativecenter of trading activity on weekends. Congestion tends to occur on weekdaysduring the day, while on weekends occurred in the afternoon and evening. |