:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Evaluasi dan perancangan desaim usulan meja dan kursi sekolah menengah pertama (SMP) yang ergonomis dalam virtual environment studi kasus : SMP Negeri 88 Jakarta

Nurintan Nauli P.S; Erlinda Muslim, supervisor; Boy Nurtjahyo Moch., examiner; Arian Dhini, examiner; Dendi Prajadhiana Ishak, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Kesalahan desain serta ukuran kursi dan meja sekolah dapat mengakibatkan terbentuknya postur tubuh yang membahayakan bagi kesehatan siswa, terutama yang berkaitan dengan cedera pada tulang belakang. Penelitian ini akan membandingkan ukuran kursi dan meja sekolah yang sudah digunakan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan ukuran tubuh siswa untuk mengetahui apakah meja dan kursi ini sudah didesain dengan ukuran yang benar sehingga membentuk postur duduk yang benar. Evaluasi terhadap postur duduk ini menggunakan perhitungan nilai Posture Evaluation Index (PEI) yang diperoleh dengan konfigurasi Virtual Environment dengan software Jack 6.1. Dalam penelitian didapatkan ukuran dimensi meja dan kursi SMP yang ergonomis sesuai dengan antropometri siswa.

Improper design and size of school furniture can lead to formation of dangerous posture for student's health, particularly those associated with injury to the spine. This research was comparing the dimensions of school furniture to student's dimensions, in junior high school, and determines whether this type of furniture is well-designed. Moreover, this research also studied about the sitting posture of junior high school students formed by the design of school furniture. Evaluation of sitting posture using the Posture Evaluation Index (PEI) which counted using configuration of Virtual Environment in software Jack 6.1. This research have found the dimension size of the ergonomic tables and chairs for junior high students in accordance with anthropometry data.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : S42069
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resources
Deskripsi Fisik : xvi, 163 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S42069 14-22-48011751 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20307118