ABSTRAK Iklan adalah salah satu cara untuk mempromosikan produk. Diantara iklan yangmuncul di media massa, terdapat iklan yang menggunakan ilustrasi imajimaskulinitas. Media secara teoritis dapat mengembangkan imaji tersebut menjadikonsep yang sering tidak disadari oleh khalayak. Penelitian ini bertujuan untukmengungkap representasi dan konsep maskulinitas dalam iklan-iklan produkminuman berenergi, produk rokok, serta pelembap wajah khusus pria serta untukmenggali ideologi apa yang ada di balik penggambaran maskulinitas pada ketigaiklan tersebut. Analisis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisissemiotik dan menggunakan paradigma critical constructionism. Denganperbandingan karakteristik maskulinitas pada tiga iklan, yaitu minuman berenergiExtra Joss, rokok Surya Pro Mild dan Vaseline Men Face Moisturiser. Penelitianini menemukan iklan dibuat oleh produsen dengan melanggengkan ideologipatriarki di Indonesia supaya industri tetap berjalan sesuai dengan kepentinganpara elit kapitalis. Sehingga iklan bukan sekedar mengemas produk, tetapi jugabagaimana para produsen menggunakan imaji maskulinitas sebagai komoditasbagi produk mereka. Para produsen berusaha memberi masukkan ideologi kepadakhalayak, yang akhirnya memperlihatkan sebuah kesadaran palsu. ABSTRACT Advertising is one way to promote products. Among the ads that appear in themass media, there are ads that use illustration images of masculinity. Mediatheoretically can develop that image become the concept that is often not aware ofit by audience. This research aims to uncover the representation and the conceptof masculinity in the advertisements of products, namely energy drinks, cigarettesand face moisturizer for men products as well as to explore what ideology what isbehind depiction masculinity in third those ads. Analysis of this research wasconducted by using semiotic analysis and using the paradigm of criticalconstructionism. By comparing the characteristics of masculinity in three ads, i.e.energy drink Extra Joss, cigarettes Surya Pro Mild and Vaseline Men FaceMoisturiser. This research found ads created by the producer with a patriarchalideology in Indonesia perpetuate that industry continue to run according to theinterests of capitalist elites. So the ads not just pack the products, but also how theproducers use images of masculinity as a commodity for their products. Theproducer tried to put in ideology to public, that eventually show a falseconsciousness. |