Deskripsi Lengkap
| Bahasa : | ind |
| Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
| Tipe Konten : | text (rdacontent) |
| Tipe Media : | unmediated (rdamedia); computer (rdamedia) |
| Tipe Carrier : | volume (rdacarrier); online resources (rdamedia) |
| Deskripsi Fisik : | xiii, 172 pages : illustration ; 30 cm + appendix |
| Naskah Ringkas : | |
| Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
| Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
- Ketersediaan
- File Digital: 1
- Ulasan
- Sampul
- Abstrak
| No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
|---|---|---|
| S42268 | TERSEDIA |
| Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20307165 |
Abstrak
ABSTRAK
Skripsi ini membahas struktur kalimat dan keterbacaan pada buku teks pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis kepustakaan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, ditemukan kalimat tunggal perluasan subjek, predikat, objek, dan pelengkap, kalimat tunggal perluasan keterangan, kalimat majemuk setara, kalimat majemuk bertingkat, kalimat majemuk bersusun, dan kalimat taklengkap. Selain menjelaskan struktur kalimat yang ada, penelitian ini juga mencoba menganalisis keterbacaan dilihat dari jumlah kata yang digunakan dalam kalimat tersebut. Hasil yang didapat adalah terdapat beberapa kalimat yang masih masuk kategori kalimat sulit dan sangat sulit dipahami.
ABSTRACT
This thesis discussed about the structure of sentence and readability of Indonesia?s textbooks. This study used qualitative methods, while the data collecting used bibliography analysis. Based on research, it found expansion of subject, predicate,object, and complement on single sentence, the adverb expansion on single sentence, the equivalent compound sentence, the hig-rise compound sentence, the compiling compound sentence, and the incomplete sentence. Beside that, this study also analyzed the readability which was seen from the number of words that use in the sentence. As a result, there are some sentences that can be categorized into difficult sentence and thorny sentence to be comprehended.
Skripsi ini membahas struktur kalimat dan keterbacaan pada buku teks pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis kepustakaan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, ditemukan kalimat tunggal perluasan subjek, predikat, objek, dan pelengkap, kalimat tunggal perluasan keterangan, kalimat majemuk setara, kalimat majemuk bertingkat, kalimat majemuk bersusun, dan kalimat taklengkap. Selain menjelaskan struktur kalimat yang ada, penelitian ini juga mencoba menganalisis keterbacaan dilihat dari jumlah kata yang digunakan dalam kalimat tersebut. Hasil yang didapat adalah terdapat beberapa kalimat yang masih masuk kategori kalimat sulit dan sangat sulit dipahami.
ABSTRACT
This thesis discussed about the structure of sentence and readability of Indonesia?s textbooks. This study used qualitative methods, while the data collecting used bibliography analysis. Based on research, it found expansion of subject, predicate,object, and complement on single sentence, the adverb expansion on single sentence, the equivalent compound sentence, the hig-rise compound sentence, the compiling compound sentence, and the incomplete sentence. Beside that, this study also analyzed the readability which was seen from the number of words that use in the sentence. As a result, there are some sentences that can be categorized into difficult sentence and thorny sentence to be comprehended.