Analisa hambatan pada kapal trimaran asimetrik dengan konfigurasi jarak antar lambung secara melintang (S/L)
Rachmi Satarsyah;
Yanuar, supervisor; Talahatu, Marcus Alberth, examiner; Sunaryo, examiner; Hadi Tresno Wibowo, examiner; Mukti Wibowo, examiner
(Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012)
|
ASBTRAK Dalam tiga puluh tahun terakhir, terjadi peningkatan yang signifikan padapenggunaan kapal multihulls untuk berbagai aplikasi seperti feri, kapal penangkapikan, kapal olahraga, dan kapal penelitian oseanografi. Kenaikan harga BBM telahmenyebabkan bisnis armada operasional dan pengiriman berada dalam situasiyang krusial. Konsumsi bahan bakar kapal dipengaruhi oleh volume kapal atauluas permukaan tercelup yang berpengaruh terhadap peningkatan tahanan kapaldan ukuran mesin utama. Trimaran bentuk lambung atau kapal dengan tigalambung yang menjadi perhatian karena dapat memberikan luas dek yang lebihbesar dan ukuran draft yang kecil. Pada penelitian ini menggunakan beberapakonfigurasi untuk mendapat hasil hambatan yang optimal pada kapal trimaranasimetrik. Hambatan salah satu merupakan faktor penting ketika merancang kapalkarena berhubungan dengan perhitungan daya mesin utama kapal, biayaoperasional kapal dan konsumsi bahan bakar. Dalam tesis ini akan menjelaskanpengaruh nilai hambatan yang disebabkan oleh konfigurasi melintang (S / L) padalambung kapal trimaran asimetrik. Metode eksperimen (uji fisik) dan numerik(HullSpeed-MaxsurfPro 11.12) dilakukan dalam penelitian penelitian denganvariasi kecepatan dalam bilangan Froude 0 -0,51. ABSTRACT In the last thirty years, there is significant increase on the use of multihulls vesselsfor various applications such as ferries, fishing vessels, sporting craft, andoceanographic research vessels. The increase of fuel price has caused fleetoperational and shipping bussines to be in danger situation. The fuel consumptionof a ship is influenced by ship volume or wetted area which contributes directly tothe increase of ship resistance and the size of main engine. Trimaran hull form orvessel with three hulls has recieved considerable attention because it can provideeven bigger deck area and shallower-draft. The core of the study involvesdetermaining the total resistance for each model in the series in konjunctionvarying tranversal side-hull locations. Resistance is an important factor whendesigning a ship because it deals with the calculation of main engine power ofvessels, vessel operating costs and fuel consumption. In this thesis would explainthe decrease in resistance value caused by the transversal configuration (S / L) onout-trigger trimaran asymetrical vessel. Experimental method (physic test) andnumerical (HullSpeed-MaxsurfPro 11.12) conducted the study with the velocityvariations in the Froude number 0 -0,51. |
S42273-Rachmi Satarsyah.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S42273 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resources |
Deskripsi Fisik : | xvi, 78 pages : illustration ; 30 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S42273 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20307170 |