:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Politik metafora dalam strategi Branding komoditas agribisnis : analisis semiotika strukturalisme terhadap konstruksi teks majalah Trubus mengenai komoditas Jabon = politic of metaphor in branding strategy of agribusiness commodities : a structural semiotic analysis on jabon news construction in Tubus agricultural magazine

Faiz Yajri; Pinckey Triputra, examiner; Sasa Djuarsa Sendjaja, supervisor; Firman Kurniawan Sujono, examiner; Eduard Lukman, examiner ([Publisher not identified] , 2012)

 Abstrak

ABSTRAK
Bahasa kita sehari-hari dipenuhi dengan taburan metafora. Tidak heran jika
setiap menit, 5?6 metafora akan muncul dari setiap percakapan. Meruahnya
metafora menimbulkan istilah politik metafora sebagai bentuk penerapan metafora
dalam berbagai aspek kehidupan manusia beserta aspek-aspek ideologis dari
penerapan metafora tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metafora,
dalam hal ini surface metaphors, yang digunakan Majalah Trubus dalam
mengkonstruksi branding komoditas agribinis jabon serta menelisik ideologi yang
tersembul. Penelitian ini memanfaatkan pendekatan kualitatif dengan paradigma
konstruktivis. Untuk menganalisis metafora dan bagaimana sistem pertandaan
metafora bekerja menghasilkan suatu pemaknaan digunakan metode semiotika dari
Roland Barthes. Dalam kesimpulannya, Peneliti menemukan bahwa terdapat politik
metafora dalam branding komoditas agribisnis dalam teks berita Majalah Trubus
pada saat artikel awal atau ?pemanasan? yang membahas pengenalan objek (PO) dan
saat menjadi topik utama ataupun laporan khusus. Pada artikel awal, bentuk-bentuk
metafora jabon digambarkan sebagai komoditas agribisnis agribisnis bernilai
ekonomis tinggi, pasar terbuka lebar dan siap menampung berapapun hasil produksi.
Sementara pada saat topik, digambarkan bentuk investasi usaha yang menghasilkan
keuntungan besar, melebihi produk perbankan seperti deposito, di kemudian hari.

Abstract
Our everyday language filled with metaphors. Every minute, 5-6 metaphors
emerged from every human conversation. The abundance of metaphors created a term
called politics of metaphor as a form of ideological aspects for metaphors
applications in various aspects of human life. The purpose of this research to find out
surface metaphors used in Trubus agricultural magazine branding strategy of
agribusiness commodities with the object focused on jabon. The research used
qualitative methods with constructivism approach. Meanwhile, semiotic of Roland
Barthes used to analyze the metaphors of the text. The finding showed politics of
metaphor used in the text. At the beginning articles or "warming reports (PO),"
surface metaphors described jabon as an agribusiness commodity with high economic
value while wood market described run out of supply of jabon. Whereas at the topic
and special report articles, jabon showed as a business investment that generated huge
profits, even compared with banking products such as bank deposits.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : T30762
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2012
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xix, 112 pages : illustration ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T30762 15-18-881454143 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20307756