Program pelatihan pola interaksi bagi pengasuh untuk menstimulasi perkembangan kosakata anak usia 18 hingga 30 Bulan = training program of interaction pattern to increase caregiver competences on developing 18 to 30 month child vocabulary development
Aninditya Nafianti;
Puji Lestari Prianto, supervisor; Luh Surini Yulia Savitri, supervisor; Rose Mini Agoes Salim, examiner; Dini P. Daengsari, examiner
([Publisher not identified]
, 2012)
|
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelatihan pola interaksi dapatmeningkatkan kompetensi pengasuh dalam mengembangkan kosakata anak padausia 18-30 bulan. Usia 18-30 bulan adalah masa terbaik untuk memperkenalkanbanyak kosakata. Pengasuh adalah salah satu orang terdekat anak yang sangatpotensial dalam menstimulasi kosakata anak pada saat ibu bekerja. Melaluipenerapan pola interaksi yang tepat, diharapkan bahwa kosakata anak dapat lebihberkembang. Pola interaksi merupakan cara praktis untuk meningkatkanperkembangan kosakata anak. Desain penelitian ini adalah before and afterdesign. Intervensi yang digunakan dalam penelitian ini adalah program pelatihanpola interaksi. Alat ukur yang disusun berdasarkan pola interaksi Otto 2010. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antaraprogram sebelum dan sesudah intervensi (p <0,05). Hal itu menunjukkan bahwapelatihan pola interaksi efektif untuk meningkatkan kompetensi pengasuh dalammenstimulasi perkembangan kosakata anak usia 18 sampai 30 bulan. Abstract This research is aimed to find out whether training of interaction pattern canincrease caregiver?s competences in developing child?s vocabulary at the age of18-30 months. The age of 18-30 months is a best period of to introduce manyvocabularies. Caregiver is a one of people closest to the child who is verypotential in stimulating child?s vocabulary at the time mother goes out to work.Through the application of appropriate interaction patern, it is expected thatchilds vocabulary can be better develop. The interaction pattern is a practicalway to increase the child?s vocabulary development. The design of this research isbefore and after design. The intervention which has been applied in this researchis the training program of interaction pattern. The data is gathered throughbehavioral check list which is desgined based on interaction pattern Otto 2010.The result shows that there is a significant different between pre and postintervention program (p<0.05). It indicates that the training of interaction patternis effective to increase caregiver?s competence of developing child?s vocabularyat the age of 18 to 30 months. |
|
No. Panggil : | T31117 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2012 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiii, 94 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T31117 | 15-18-067767134 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20307784 |