ABSTRAK Media sosial pada saat ini sudah berkembang semakin cepat dengansemakin banyak bermunculnya media sosial baru, salah satunya adalah mediasosial berbasis lokasi. Media berbasis lokasi atau geosocial seperti Foursquare.Kelebihan yang dimiliki oleh Foursquare dibandingkan dengan media sosiallainya adalah adanya sarana untuk rekomendasi dan juga promosi. Sehingga dapatdiasumsikan adanya pengaruh WOM dan Brand awareness di Foursquare dalampembuatan keputusan pembelian pada para penggunanya. Penelitian inidimaksudkan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh brand awareness danword of mouth dalam keputusan pembelian yang dilakukan dalam media sosialberbasis lokasi.Populasi dari penelitian ini adalah para pengguna Foursquare yang adadalam komunitas online Kaskus. Penelitian ini bersifat kuantitatf dan data yangdigunakan adalah data primer dan data sekunder melalui kuesioner dan artikelartikelterkait media sosial berbasis lokasi. Untuk menguji ada tidaknya pengaruhbrand awareness dan word of mouth, peneliti menggunakan teknik analisis regresilinear berganda.Berdasarkan hasil pengujian, penelitian ini menunjukkan bahwa terdapatpengaruh yang signifikan antara brand awareness dan word of mouth terhadapkeputusan pembelian. Nilai koefisien beta menunjukkan bahwa word of mouthmemiliki pengaruh lebih besar dibandingkan dengan brand awarness dalammempengaruhi keputusan pembelian. Dan word of mouth dan brand awarenessbersama-sama memiliki pengaruh sebesar 69,9% terhadap keputusan pembelian. ABSTRACT Social media has develop rapidly in the last couple of years with theemerging of new types of social media, one that is prominent is social medialocation based, or geosocial, for example Foursquare. Few advantages that socialmedia location based like Foursquare have compared with other social media isthe ability to recommend and promote. Based on the fact, it can be assume thatthere are influences of Word Of Mouth and Brand Awareness in the buyingdecision process on its consumer. This research aimed to determine the effect ofbrand awareness and word of mouth in the purchasing decisions made in thelocation-based social media.The population of this study is Foursquare users in the biggest onlinecommunities Kaskus. This research was a quantitative and the primary data andsecondary data are gain through questionnaires and articles related to locationbasedsocial media. To test the presence or absence of the influence of brandawareness and word of mouth, the researchers used multiple linear regressionanalysis techniques.Based on the results, this study shows that there is a significant effectbetween brand awareness and word of mouth on the purchase decision. Betacoefficient indicates that word of mouth has a greater impact than the brandawarness in influencing purchasing decisions. And word of mouth and brandawareness together have influence of 69.9% of the purchase decision. |