Indonesia, nasionalisme, dan iklan : analisis resepsi terhadap 3 iklan televisi dengan tema ke-Indonesiaan = Indonesia, nationalism and advertising : the reception's analysisof 3 Indonesia's theme television advertising
Rizky Rachdian Salerino;
Sasa Djuarsa Sendjaja, supervisor; Alois Agus Nugroho, examiner; Eduard Lukman, examiner
([Publisher not identified]
, 2012)
|
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana khalayak memaknai pesan atauwacana dari iklan televisi. Pertanyaan utama dari penelitian adalahbagaimanakhalayak memaknai fenomena iklan dengan tema ke-Indonesiaan tersebut danbagaimana kemudian khalayak mengartikan atau memaknai nasionalisme Indonesia.Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam sebagaimetode untuk mencari data primer. Hasil dari penelitian mengacu kepada teoritelevisual Stuart Hall bahwa analisis resepsi khalayak terbagi menjadi tiga posisipemaknaan, yaitu dominan-hegemonik, negosiasi, dan oposisi. Penelitian inimemiliki implikasi teoritis terhadap pemahaman nasionalisme di Indonesia, terutamadi kalangan generasi muda dan juga akan berguna bagi perkembangan industri terkaitdengan ke-Indonesiaan di kemudian hari. ABSTRACT This research has a goal which is to see and understand how audiences interpret themessage of the advertisement in the television. The main question from thisresearch?s are how the audiences understand and interpret the phenomenon of theadvertisement that has an Indonesian theme in it, and also how the audiencesunderstand and interpret the Indonesian nationalisme. The research is usingqualitative approach by in-depth interviews as a method to find a primary data. Theresult of this research refers to Stuart Hall?s televisual theory that the audiencesreceptions analysis divide into three positions of meaning, which are dominanthegemonic,negotiated and opposition. This research has a theoritical implicationsfor the understanding of nationalism in Indonesia, especially among the youngergeneration and it also useful for the development of related industries withIndonesia?s nationalism in the future. |
|
No. Panggil : | T31052 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2012 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | x, 123 pages: illustration ; 28 cm. + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T31052 | 15-18-195876476 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20308196 |