ABSTRAK Salah satu metode untuk meningkatkan produktivitas rumah sakit di Amerika danAustralia dengan menggunakan lean hospital di unit rawat jalan. Penelitian inimenganalisis lean hospital sebagai usulan ide perbaikan di Rumah Sakit TNI ALMarinir Cilandak yangmerupakan rumah sakit militer dengan keunikannya dimanajabatan personel dipengaruhi oleh kepangkatan dan kompetensi profesi bisadiadaptasi. Dengan menggunakan metodelogi penelitian kualitatif, observatif danwawancara mendalam memperlihatkan adanya non value added sebesar 76,57 %dan value added sebesar 23,43 % . hal ini mengindikasikan terjadinya pemborosandan dari analisa tulang ikan memperlihatkan sepuluh akar masalah. Usulanperbaikan dibagi tiga tahap, jangka pendek, jangka menegah dan jangka panjang,mengurangi pemborosan dan membuat aliran menjadi lebih efisien yangdiharapkan dapat meningkatkan produktifitas dan kepuasan pasien. ABSTRACT A researct that have been done on the Departement of Outpatient Service in MarienHospital Cilandak which applied qualitative methode, observations and currnt Processcharting, showed both of non value added and value added for about 76,57 % comparedto 23,43 %. These value were indicating main faktor of waste occured. Through thefishbone analysis that adopted from Lean consept for medical care on outpatients servise,accordingly about 10 (ten) significant problems were founded linked to the waste thataffected the quality and process of service. 3 (three)steps of improvement in short, mediumand long term regarding refinm=emen of works efficiencies would be required to resolveit prior to increase customers/patients satisfaction. |