Partisipasi ekstrakurikuler siswa sekolah menengah atas: studi pada program kelas internasional dan program RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional) SMAN X Jakarta = Student?s extracurricular participation in senior high school: case study on international class program and RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional) Program in SMAN X Jakarta
Agni Rahayu;
Pattinasarany, Indera Ratna Irawati, supervisor; Ricardi S. Adnan, examiner
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012)
|
ABSTRAK Skripsi ini membahas mengenai partisipasi ekstrakurikuler siswa pada sekolah dengan status RSBI di SMAN X Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana partisipasi siswa dalam ekstrakurikuler pada program kelas internasional dan program RSBI di SMAN X Jakarta. Adanya dua program dalam satu sekolah turut mempengaruhi perbedaan sistem dalam lingkungan sekolah yang akhirnya mempengaruhi interaksi yang terjalin antar program. Hasil penelitian kali ini menunjukkan bahwa baik siswa yang berasal dari program KI maupun RSBI terlibat langsung dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolahnya. Akan tetapi masing-masing program mengidentifikasikan diri mereka berbeda satu sama lain sehingga mempengaruhi interaksi yang dilakukan. Pada akhirnya perbedaan yang terjadi pada kegiatan belajar mengajar ikut mempengaruhi dalam kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan siswa. Hasil penelitian lainnya adalah kegiatan ekstrakurikuler juga dijadikan pembuktian bagi siswa untuk menunjukkan eksistensinya di lingkungan sekolah. ABSTRACT This study discussed about extracurricular participation in school which have status RSBI in SMAN X Jakarta. This research used qualitative method. The purpose of this research was to describe how the student?s participation in extracurricular in the international class and the RSBI program in SMAN X Jakarta. The existence of two programs in one school took part in influencing the difference of the school system that finally had influenced the interaction that was established between the program.The result of this research showed that students who took KI program and RSBI was directly involved in the extracurricular activity. But, each program identified themselves were different to one another so it influence the interaction between them. The difference that happened in their program was effect what they did in extracurricular activity.The other result of this research was extracurricular activity became student?s symbol of existence in their school. |
Spdf-Agni Rahayu.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resources |
Deskripsi Fisik : | xiii, 123 pages : illustration ; 30 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S-Pdf | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20308579 |