Efek perubahan aliran gas buang dalam knalpot untuk diterapkan pada Mesin Kapal Klotok 10 HP = The Effect of exhaust gas flow modification in the muffler to applied on " Klotok Boat " Engine 10 HP
Martinus Putra;
Yanuar, supervisor; Sunaryo, examiner; Talahatu, Marcus Alberth, examiner; Hadi Tresno Wibowo, examiner; Mukti Wibowo, examiner
(Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012)
|
ABSTRAK Kapal klotok adalah sarana transportasi utama di daerah pedalaman Kalimantanyang mengutamakan sungai-sungai sebagai penghubung daerah-daerah pedalamandengan dunia luar. Dalam kesehariannya, kapal ini menimbulkan suara yang amatberisik dan apabila terpapar suara tersebut dalam jangka waktu tertentu dapatmenyebabkan gangguan pendengaran. Oleh karena itu, rancangan knalpot menjadisangat penting untuk meredam suara tersebut. Di sisi lain, knalpot juga akanberpengaruh terhadap performa mesin. Akan tetapi, kedua hal tersebut salingberkompensasi sehingga harus dicari rancangan knalpot yang mampu meredamsuara berisik dan meningkatkan performa mesin. Dalam penelitian ini akan dilihatefek perubahan aliran gas buang dengan memodifikasi knalpot muffler onesebanyak 4 knalpot. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa knalpot variasi 3mampu menaikkan tenaga sebesar 0.5 HP dengan menurunnya nilai backpressuresebanyak 404 Pa. Selain itu knalpot variasi 3 juga mampu menghasilkankebisingan suara dibawah 90 dB. Juga mampu melakukan penghematan bahanbakar sebanyak 3% dari knalpot standard. Dari hasil ini dapat diketahui bahwaknalpot variasi 3 merupakan modifikasi yang paling tepat. ABSTRACT Klotok boat is the main means of transport in remote areas of Borneo thatprioritizes the rivers as a link rural areas to the outside world. In daily life, theseboats are very loud noise and when exposed to noise in a set period of time cancause hearing loss. Therefore, the design of the exhaust becomes very importantto muffle the sound. On the other hand, the exhaust will also affect the engineperformance. However, two things are mutually compensated so it should look forthe exhaust design that can reduce noise and increase engine performance. In thisresearch would be seen the effect of changes in the exhaust stream by modifyingone of 4 muffler exhaust muffler. From the result showed that the exhaust pipe 3is able to increase the power variation of 0.5 HP with a decrease in value as muchas 404 Pa backpressure. Besides exhaust variation 3 is also able to produceaudible noise below 90 dB. Also able to save fuel as much as 3% of the standardexhaust. From these results it can be seen that the variation 3 is the bestmodification. |
S42500-Efek perubahan.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S42500 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resources |
Deskripsi Fisik : | xii, 75 pages : illustration ; 29 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S42500 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20308596 |