Gambaran tingkat kecemasan mahasiswa ekstensi Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia dalam mengikuti pembelajaran menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) = Description of anxiety levels of extension student from University Indonesia Nursing Faculty following the implementation of Competency-Based Curriculum (CBC)
Evie Anggriyani;
Kuntarti, supervisor; Enie Novieastari, examiner
(Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012)
|
ABSTRAK Penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) di FIK-UI diharapkan akanmenghasilkan lulusan yang dapat memberikan perubahan yang lebih baik dibidang keperawatan di tempat kerja. Penerapan KBK menuntut mahasiswa lebihaktif dan mandiri, hal ini yang menimbulkan kecemasan pada mahasiswa. Tujuandari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat kecemasan padamahasiswa ekstensi FIK UI dalam mengikuti pembelajaran KBK. Penelitian inimerupakan penelitian deskriptif terhadap 87 mahasiswa ekstensi secara totalsampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua mahasiswa ekstensiFIK-UI mengalami kecemasan: 86.02% cemas berat, 12.64% cemas sedang dan1.15% cemas berat sekali (panik). Penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasifaktor-faktor yang menyebabkan kecemasan dalam mengikuti proses belajardengan KBK perlu dilakukan. Metode pembelajaran yang lebih kondusif dantidak menimbulkan kecemasan berat bagi mahasiswa juga perlu dirancang olehdosen FIK-UI. ABSTRACT The implementation of implementation Competency-Based Curriculum (CBC) inFIK-UI is expected to the produce a graduates who can provide improvement inthe nursing workplace. This implementation demands students to be more activein learning and independent, which cause anxiety in students. The purpose of thisstudy was to determine the anxiety level overview on FIK-UI extension students,in studying by using the CBC. This study examines 87 extensions programstudents in total sampling. The results indicate that all FIK-UI extensions programstudents experience anxiety rating from: 86.02% severe anxiety, 12.64% mildanxiety and 1.15% panic. These is a to need conduct further research to explorethe factors that cause anxiety in students attending the CBC, and to fine a moreconducive method of learning that does not cause severe anxiety for FIK-UIstudents. |
S42740-Gambaran tingkat.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S42740 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resources |
Deskripsi Fisik : | xii, 52 pages ; 30 cm |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S42740 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20308680 |