Hubungan kebiasaan bermain video game dengan tingkat motivasi belajar pada anak usia sekolah = Correlation between the habit of playing video game and the level of learning motivation in school-age children
Dara Malahayati;
Effi Afifah, supervisor; Rr. Tutik Sri Hariyati, examiner
(Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012)
|
ABSTRAK Video game semakin popular di semua kalangan, termasuk anak-anak. Bermainvideo game secara berlebihan diperkirakan dapat mempengaruhi motivasi belajaranak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaanbermain video game dengan tingkat motivasi belajar pada anak usia sekolah.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelatif dengan teknikstratified sampling. Penelitian ini dilakukan di salah satu SD di Depok denganjumlah sampel 106 orang. Data penelitian diujikan dengan menggunakan uji chisquare. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan bermain video gameanak-anak di sekolah ini 65% tergolong kategori normal (waktu yang tidakberlebihan). Di sisi lain, tingkat motivasi belajar anak-anak di sekolah ini 56%tergolong kategori rendah. Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa tidakada hubungan antara kebiasaan bermain video game dengan tingkat motivasibelajar. Hasil penelitian ini dapat dijadikan rujukan bagi perawat untukmemberikan edukasi dan konseling mengenai peningkatan motivasi belajar baiksecara langsung pada anak maupun melalui orangtua. ABSTRACT Video games are more popular in everyone, including children. Play video gamesredundantly can be affecting the children's learning motivation. The purpose ofthe research is to determine the correlation between the habit of playing videogame and the level of motivation learning in school-age children. The method ofthe research is a descriptive correlative with the stratified sampling technique.The research was conducted at a primary school in Depok with total sample of106 people. The research data was tested by using a chi square test. The resultshowed that the habit of playing video game of the children in this school is 65%in normal category (not over time). On the other side, the level of motivationlearning of the children in this school is 56% in low category. The conclusion ofthis research showed that there is no a correlation between the habit of playingvideo game and the level of learning motivation. The results of this research canbe used as references for nurses in giving education and counseling aboutincreasing learning motivating directly for school-age children or for theirparents. |
|
No. Panggil : | S42742 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resources |
Deskripsi Fisik : | xiii, 66 pages ; 30 cm |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S42742 | 14-17-619988094 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20308696 |