ABSTRAK Penelitian ini mencoba mencari faktor geometri jalan dan lingkungan sebagaipenyebab terjadinya kecelakaan pada ruas jalan Nasional di Indonesia. Lokasipenelitian berada di daerah Jawa Tengah. Ada empat ruas jalan yang dijadikansebagai lokasi penelitian yaitu : (1) ruas jalan A.Yani ? Gajah Mada, (2) ruas jalanbatas kota Brebes Timur ? Tegal Barat, (3) ruas jalan batas kota Tegal ? Mertoloyodan (4) ruas jalan batas kota Tegal ? Pemalang.Penelitian ini menggunakan perangkat Hawkeye yang dimiliki Bina Marga.Perangkat ini terdiri dari perangkat keras (mobil yang dilengkapi dengan beberapakamera, gps, komputer dan lain sebagainya) dan perangkat lunak (video kondisijalan). Dari perangkat Hawkeye ini diperoleh variabel-variabel penelitian yangmerupakan obyek yang tertangkap oleh kamera Hawkeye. Variabel yang telahdievaluasi adalah : lebar badan jalan, lebar bahu kanan, lebar bahu kiri, lebarmedian pemisah, lebar clear zone, beda tinggi akhir perkerasan, kondisi perkerasanpermukaan jalan, alinyemen horizontal, keberadaan rambu, keberadaan marka tepikanan dan kiri jalan, keberadaan marka pemisah lajur, keberadaan U-Turn,keberadaan simpang dan keberadaan lampu penerangan jalan. Model ramalankecelakaan dibangun berdasarkan struktur kesalahan negatif binomial. Risikokecelakaan telah diperoleh melalui elastisitas dari masing-masing variabel yangsignificant.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel lebar median pemisah, bedatinggi akhir perkerasan, keberadaan rambu dan lampu penerangan jalan memilikipengaruh yang cukup significant terhadap jumlah kecelakaan. Sedangkan untukjenis kecelakaan yang melibatkan lebih dari dua kendaraan variabel yangberpengaruh secara significant adalah lebar bahu kiri jalan, kondisi perkerasanpermukaan jalan dan keberadaan rambu petunjuk atau peringatan.Dan untuk mengurangi resiko kecelakaan pada ruas jalan Nasional di lokasipenelitian telah ditemukan antara lain : besar lebar bahu kiri yang sesuai adalah0,50 meter dan lebar median pemisah lajur yang ditinggikan sebesar 1,10 meter.Selain itu perbaikan permukaan jalan yang rusak, menghilangkan beda tinggi akhirperkerasan dan melengkapi ruas jalan dengan rambu dan lampu penerangan jugadapat mengurangi risiko kecelakaan. Abstract The research was trying to find the road geometry and environmental factors ascauses of accidents on National road artery in Indonesia. Research located inCentral Java. There are four roads into the location of the study: (1) roads A.Yani ?Gajah Mada, (2) boundary road Brebes east City ? West Tegal, (3) boundary roadTegal City ? Mertoloyo and (4) boundary road Tegal City ? Pemalang.The research uses Hawkeye device owned by Bina Marga. This device consistof a hardware (cars that equipped by several cameras, GPS, computer, and else)and software (road conditions video). From this Hawkeye device obtained researchvariables wich is the object that is caught by the camera. Evaluated variables as :width of the road, right shoulder, left shoulder, median dividing, clear zone, endpavement drop, pavement, horizontal alignment, signs, mark the right edge, markthe left edge, mark the lane dividing, u turn, intersection, lighting. An AccidentPrediction Model has been developed through kilometre of road length using errornegative binomial structure. Elasticity of each significant variables result inAccident Risk.Result of this research indicate that variable of median dividing, end pavementdrop, signs and lighting have influence which enough significant to amount ofaccident. While for the type of multi vehicle accident of variable having an effecton significant were left shoulder, pavement and signs.And to lessen risk of accident for National road in the research locations havebeen found : width of left shoulder 0,50 m and width of median dividing 1,10 m.Improved of damage of pavement, eliminate the end pavement drop and completethe road with signs and lighting can also reduce the risk of accidents. |