Efektivitas program peningkatan keterampilan sosial pada anak penyandang disabilitas intelektual ringan melalui modifikasi perilaku (modeling dan token economy) = The effectiveness of program in enhancing social skill for mild mental retarded by behavior modification ( modeling and token economy)
Alfa Restu Mardhika;
Lucia R.M. Royanto, supervisor; Eva Septiana Barlianto, supervisor; Wahyu Indianti, examiner; Puji Lestari Prianto, examiner
(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012)
|
ABSTRAK Banyak anak penyandang disabilitas intelektual ringan mengalami masalah dalamberinteraksi sosial di sekolah. Berdasarkan hal itu, keterampilan sosial merupakan hal yangpenting bagi anak disabilitas intelektual ringan untuk dapat berkembang di sekolah inklusi.Salah satu metode yang efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial pada anak disabilitasintelektual ringan adalah dengan pendekatan modifikasi perilaku, terutama menggunakanmodeling. Dalam melakukan suatu modifikasi perilaku juga patut dipertimbangkanpemberian penguatan terhadap perilaku baru yang muncul. Salah satu teknik penguatan yangefektif untuk mengajarkan individu disabilitas intelektual ringan ialah melalui tokeneconomy. Dalam rangka mengetahui efektivitas program dengan menggunakan modeling dantoken economy dalam meningkatkan keterampilan sosial pada penyandang disabilitasintelektual ringan, maka peneliti merancang suatu program dengan menggunakan teknikmodifikasi perilaku melalui model simbolik (film kartun) dan penerapan token economysebagai penguatan perilaku. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalahdesain kasus tunggal tipe A-B-A. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatanketerampilan sosial pada subjek saat sebelum dan sesudah pemberian program. Abstract A lot of children with mild mental retardation experience social interaction issue in theirschool. Therefore, social skills become very important for children with mild mentalretardation to develop in the inclusive school. One method that effectively enhancing socialskills children with mild mental retardation is through behavior modification approach,especially through modeling. In exercising behavior modification, need to amplify for anynew behaviors emerge. On e of amplification method which effectively teaches children withmild mental retardation is through token economy. In terms to know the modeling and tokeneconomy program effectiveness in enhancing social skills of children with mild mentalretardation, the researcher design a program with behavior modification technique throughmodel approach (cartoon short film) and token economy application as behavior amplifier.The research is using single case type A-B-A design. Research result shows there is anenhancement in social skills on subject after the program. |
|
No. Panggil : | T31152 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated |
Tipe Carrier : | volume |
Deskripsi Fisik : | xiii, 58 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T31152 | 15-18-742556363 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20309000 |