Full Description
Cataloguing Source | LibUI ind rda |
Content Type | text (rdacontent) |
Media Type | unmediated (rdamedia); computer (rdamedia) |
Carrier Type | volume (rdacarrier); online resources (rdacarrier) |
Physical Description | xi, 66 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Concise Text | |
Holding Institution | Universitas Indonesia |
Location | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
- Availability
- Digital Files: 1
- Review
- Cover
- Abstract
Call Number | Barcode Number | Availability |
---|---|---|
S43126 | TERSEDIA |
No review available for this collection: 20309053 |
Abstract
ABSTRAK
Komunikasi terapeutik merupakan suatu kegiatan yang harus dilakukan perawat setiap kali berinteraksi dengan klien. Untuk dapat melakukan komunikasi terapeutik dengan baik setiap perawat perlu memiliki pengetahuan yang baik. Desain penelitian ini menggunakan metode deskriptif sederhana. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat pengetahuan perawat tentang komunikasi terapeutik di Unit Rawat Inap Umum RS. Dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 91,5% responden termasuk kedalam kategori tingkat pengetahuan tinggi. Hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa karakteristik dan tingkat pengetahuan perawat yang tinggi merupakan beberapa hal yang dapat menjadi modal dasar bagi pelayanan keperawatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap klien.
ABSTRACT
Therapeutic communication is an activity that should be practiced every interaction between nurse and clients. To perform a good therapeutic communication every nurses have appropriate knowledge. This research used descriptive design methode. The main purpose of this study is to identify the level of nurses knowledge about therapeutic communication in non-psychiatric ward at RS. Dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor. Data were collected by questionnaire. This study shows that 91,5% of respondent are an high category level. As the result, nurses characteristics and knowledge are some fundamental points to improve nursing care quality.
Komunikasi terapeutik merupakan suatu kegiatan yang harus dilakukan perawat setiap kali berinteraksi dengan klien. Untuk dapat melakukan komunikasi terapeutik dengan baik setiap perawat perlu memiliki pengetahuan yang baik. Desain penelitian ini menggunakan metode deskriptif sederhana. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat pengetahuan perawat tentang komunikasi terapeutik di Unit Rawat Inap Umum RS. Dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 91,5% responden termasuk kedalam kategori tingkat pengetahuan tinggi. Hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa karakteristik dan tingkat pengetahuan perawat yang tinggi merupakan beberapa hal yang dapat menjadi modal dasar bagi pelayanan keperawatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap klien.
ABSTRACT
Therapeutic communication is an activity that should be practiced every interaction between nurse and clients. To perform a good therapeutic communication every nurses have appropriate knowledge. This research used descriptive design methode. The main purpose of this study is to identify the level of nurses knowledge about therapeutic communication in non-psychiatric ward at RS. Dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor. Data were collected by questionnaire. This study shows that 91,5% of respondent are an high category level. As the result, nurses characteristics and knowledge are some fundamental points to improve nursing care quality.