Hubungan keterlibatan orang tua dengan prestasi belajar anak usia sekolah di SDIT Permata Hati, Banjarnegara = Correlation of parental involvement towards achievement of school age children at SDIT Permata Hati, Banjarnegara
Titis Tolada;
Fajar Tri Waluyanti, supervisor; Happy Hayati, examiner
(Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012)
|
ABSTRAK Kesibukan orang tua terkadang menjadi hambatan terlibatnya orang tua dalamproses belajar anak. Hal tersebut menjadi dasar tujuan penelitian ini untukmengidentifikasi hubungan keterlibatan orang tua dengan prestasi belajar anakusia sekolah. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasi denganpendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini berjumlah 60 orang tua darianak kelas 3 dan 4 SDIT Permata Hati, Banjarnegara. Instrumen yang digunakanadalah kuesioner keterlibatan orang tua yang dikembangkan sendiri oleh penelitidan data sekunder berupa rata-rata nilai rapor. Hasil analisis menunjukkan bahwaada hubungan antara keterlibatan orang tua dengan prestasi belajar anak (p value= 0,001). Keterlibatan orang tua yang berhubungan dengan prestasi belajar anakyaitu pemberian tambahan bimbingan belajar, pemberian perhatian terhadap tugassekolah dan jadwal harian, serta keterlibatan orang tua dalam kegiatan sekolah.Rekomendasi bagi penelitian selanjutnya yaitu untuk lebih memperluas cakupansampel serta membandingkan dengan sekolah yang lain. ABSTRACT Parents that over busy can decrease their involvement in their children?s studyprocess. It was important for the purpose of this study to identify correlation ofparental involvement towards achievement of school age children. Correlativedescriptive design with cross sectional approach was conducted among 60parents of student class 3 and 4 at SDIT Permata Hati, Banjarnegara by usingparental involvement questionnaire and average of raport score as secondarydata. The analysis result showed that parental involvement correlated withachievement of school age children (p value = 0,001). Parental involvements thatcorrelate with achievement of school age children, including assistance forchildren with course planning, care of children?s homework and daily activity,and involvement of parent in school activities. Further research is need toincrease the scope of the sample and compare with other schools. |
![]() |
No. Panggil : | S43179 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resources |
Deskripsi Fisik : | xi, 65 pages : illustration ; 29 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S43179 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20309114 |