:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Perbandingan pelacakan wayang dengan menggunakan MSER dan MSER efisien = Comparison of wayang recognition between using MSER and efficient MSER

Aneta; Dodi Sudiana, supervisor; Prima Dewi Purnamasari, examiner; Mia Rizkinia, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Wayang adalah seni kuno dari Indonesia yang memiliki begitu banyak bentuk, seperti wayang orang, wayang golek, dan wayang kulit. Biasanya, wayangdigunakan untuk tampil di panggung dan memiliki latar belakang suara gamelan. Saat ini, wayang masih ada di Indonesia, apakah itu untuk pertujukan atau hanya pajangan yang bagus dalam kotak kaca. Wayang memiliki begitu banyak karakter dalam cerita, dan itu sulit bagi kita untuk mengingat setiap nama karakter wayang. Akan menjadi mudah jika ada sistem untuk mengenali mereka, sehingga kita tidak perlu tahu nama masing-masing untuk karakter wayang.
Tulisan ini diusulkan untuk membuat sistem pengenalan untuk wayang menggunakan 2 algoritma populer, MSER (Maximally Stable Extermal Region) dan MSER efisien. Dalam makalah ini, diusulkan untuk membandingkan algoritma tersebut pada PC dengan video wayang yang dimasukkan secara offline. Meskipun secara waktu komputasi MSER efisien lebih unggul daripada MSER biasa, namun ketika masuk ke dalam tahap pelacakan, MSER biasa justru lebih unggul daripada MSER efisien karena ia tidak mengolah sebagian level abu-abu pada citra sebagaimana MSER efisien, melainkan seluruh level keabu-abuan.

Wayang is an ancient art from Indonesia that has so many forms, such as wayang orang, wayang golek, and wayang kulit. Usually, wayang is used for performing on a stage and it has background sound of gamelan. Nowadays, wayang still exists in Indonesia, whether it's for perfoming or only a nice display in a glass box. Wayang has so many characters in its story, and it's difficult for us to remember each name of wayang characters. It will be easy if there is a system to recognize them, so we don't need to know each name to wayang characters.
This writing is proposed to make a recognition system for wayang using 2 popular algorithms, MSER (Maximally Stable Extermal Region) and efficient MSER. In this paper, the writer proposed to compare those algorithms in a PC which video of wayang is processed offline.Although efficient MSER has more advantage in computing time, the regular MSER makes greater detection than efficient MSER because regular MSER doesn't compute several gray level like efficient MSER, but all gray level.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : S42676
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resources
Deskripsi Fisik : xiv, 44 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S42676 14-22-11306735 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20309226