:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Tema cerpen Djoko Lodhang 1985

Uslik Kristinilia; Budya Pradipta, supervisor; Sapardi Djoko Damono, 1940-2020, examiner; Nanny Sri Lestari, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1987)

 Abstrak

Penulisan skripsi sebagai tugas akhir untuk memperoleh ijasah Sarjana Sastra, saya mengambil bahan dari Majalah Djoko Lodhang tahun 1985. Pilihan jatuh pada Majalah Djoko Lodhang disebabkan hingga saat ini penerbitnya masih ada, dan letaknya yang mudah dijangkau yaitu di kota Jogjakarta. Tujuan penulisan skripsi ini untuk menentukan tema-tema cerpen, kemudian tema-tema tersebut lalu diklasifikasikan. Setelah itu penulis mencoba menganalisis cara-cara tema digarap oleh pengarangnya hingga menjadi sebuah cerita pendek.
Majalah Djoko Lodhang adalah majalah yang mempergunakan bahasa Jawa, majalah ini memiliki isi yang bermacam-macam, seperti masalah hukum, kesehatan, kebudayaan, kesusasteraan. Oplahnya menyebar ke seluruh Indonesia, khususnya di daerah trasmigrasi. Konsumennya terdiri dari masyarakat menengah ke ?bawah. Berdasarkan analisis kecil dapat diperoleh kesimpulan,
bahwa tema yang dominan adalah tema sosial khususnya rumah tangga. Sedangkan penyelesaian masalah di akhir cerita kebanyakan dilesaikan oleh pengarangnya. Seluruh cerpen selama satu tahun berjumlah 52 cerpen, dari ke 52 cerpen itu hanya tiga cerpen yang penyelesaianhya diserahkan pada keputusan pembaca.

 File Digital: 1

Shelf
 Uslik Kristinilia.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S11432
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1987
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : viii, 102 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S11432 14-19-843427942 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20310021