:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Pengembangan koleksi anak di perpustakaan umum daerah kabupaten Bogor = Collection development for children's collection in Bogor public library

Nuria Prasanti; Ike Iswary Lawanda, supervisor; Yohanes Sumaryanto, examiner; Sri Ulumi Badrawati, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Penelitian ini membahas mengenai pengembangan koleksi anak di Perpustakaan Umum Kabupaten Bogor yang merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana pustakawan menerapkan kebijakan pengembangan koleksi, yaitu kegiatan seleksi, pengadaan, pengolahan, pemeliharaan, dan penyiangan di layanan anak agar dapat memenuhi kebutuhan pemustaka anak sehingga kendala apa saja yang dihadapi dapat diketahui.
Peneliti menyimpulkan bahwa pustakawan mengadakan pengembangan koleksi berdasarkan kemampuan dan pemahaman mereka dari kegiatan seleksi hingga penyiangan. Pedoman tertulis tidak dijadikan dasar dalam melakukan kegiatan pengembangan koleksi anak sehingga kemampuan dasar pustakawan menjadi utama agar kesesuaian koleksi anak dapat tercipta. Tidak adanya pedoman tertulis secara jelas, keterbatasan anggaran dan terbentur dengan kebijakan yang ada menyebabkan pustakawan tidak dapat secara maksimal mengembangkan mutu koleksi anak di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Bogor.

This research is about children's collection development in Bogor Public Library. This is a qualitative research and it uses case study method. The purpose of this research is to describe how librarians apply collection development policy, which is the selection, acquisition, organization, preservation, and deselection in children's service. Throughout this research, we could get the idea the obstacles in fulfilling the needs of the users, i.e. the children, in children's collection.
It is concluded that Bogor Public Library librarians held collection development based on their ability and understanding about the library activities. There is no written guideline as a basis for collection development for children's collection. So, it is very important for the librarians to have librarianship skills in developing the children's collection. Moreover, there is limited amount in budget and in the policy itself so that librarians could not do their best in improving the quality of children's collection in Bogor public library.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : S43039
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resources
Deskripsi Fisik : ix, 80 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S43039 14-22-89451239 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20310114