:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Analisis wacana pidato Lenin 'apa itu kekuasaan Soviet?' = Discourse analyses Lenin's speech 'what is Soviet power?'

Hari Putra Setiawan; M. Nasier Latief, supervisor; Nia Kurnia Sofiah, examiner; N. Jenny M.T. Hardjatno, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Penelitian ini membahas Pidato Lenin yang berjudul Что Такое Советская Власть/ Čto Takoe Sovetskaja Vlast'/ Apa Itu Kekuasaan Soviet?. Analisis menggunakan teori Analisis Wacana oleh Van Dijk dan ditunjang dengan teori Kohesi dan Koherensi oleh Halliday dan Hassan. Tujuan penelitian ini untuk menenemukan makna implisit yang terkandung dalam pidato tersebut dengan melihat tiga unsur wacana, yaitu unsur teks sebagai struktur mikro, superstruktur, dan struktur makro yang terkait dengan, konteks atau analisis sosial, dan analisis kognisi sosial yang menghubungkan antara analisis teks dengan analisis sosial. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa makna implisit dalam pidato ini Lenin memperkenalkan kekuasaan Soviet tentang kekuasaan pemerintahan yang diatur oleh para buruh dan petani dilihat dari skema peran yang terdapat dalam analisis kognisi sosial.

This thesis discusses about the discourse analyses Lenin's speech which is the title Что Такое Советская Власть/ Čto Takoe Sovetskaja Vlast'/ What is Soviet Power?. The purpose of this research is to describe and interprate the impicit meaning of this speech with seeing three component of discourse, i.e text component as a micro component, context and social analyses as macro component, and social cognition which is connecting between macro component and micro component. This study suggest that the implicit meaning of this speech is about the government power which controlled by the worker and peasant seemed by model from social cognition.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : S43238
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resources
Deskripsi Fisik : xii, 90 pages ; 30 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S43238 14-22-41299890 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20310957