:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Analisis tema dan unsur surealisme dalam cerpen Nalgae karya Yi Sang = Analysis of themes and surrealism elements on The Yi Sang's work Nalgae

Thermalita Lestari; Tommy Christomy, supervisor; Eva Latifah, examiner; Shin, Young-duk, examiner (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Skripsi ini membahas mengenai tema dalam cerpen Nalgae dengan menjelaskan gagasan-gagasan kecil serta unsur surealisme yang berkaitan dengan tokoh-tokohnya. Metode yang digunakan adalah metode close reading. Teori yang digunakan meliputi tema, tokoh dan penokohan, latar, dan surealisme. Hasil analisis yang diperoleh adalah unsur surealisme yang berupa tokoh dan latar berfungsi untuk menegaskan gambaran kondisi batin para tokoh yang dapat mendukung tema itu sendiri, yaitu ketidakmampuan aku dalam beradaptasi dengan kenyataan.

This thesis discusses about the theme of Yi Sang's work Nalgae by explaining its small ideas and surrealism elements associated with the characters. The method used in this study is a method of close reading. The theory used include themes, characters and characterizations, setting, and surrealism. Analytical results proved that the elements of surrealism in the form of character and setting serves to emphasize the mental condition of the characters that can support the theme itself, namely the inability of "I" to adapt in reality.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : S43259
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resources
Deskripsi Fisik : ix, 60 pages ; 30 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S43259 14-22-19922794 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20310988