:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Ruang terbuka dengan akses publik terbatas dalam area komersial = Limited publicly accessible open space in commercial area

Gita Zuhri; Ahmad Gamal, supervisor; Achmad Hery Fuad, examiner; Dita Trisnawan, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Mal sebagai salah satu pusat perbelanjaan memberlakukan seleksi berupa potensi melakukan transaksi komersial sebagai prasyaratnya. Prasyarat tersebut membuat mal bersifat lebih privat. Ruang pendukung dalam mal seperti atrium atau lobi tidak memprasyaratkan transaksi komersial untuk memasukinya, namun karena ruang tersebut berada di dalam mal menjadikan pengguna ruang pendukung juga merupakan kalangan yang telah terseleksi oleh mal tersebut.
Tribeca Park dengan akses dan hubungan yang dimiliknya kepada mal menjadikannya terlihat seperti ruang pendukung pusat perbelanjaan. Di sisi lain akses publik terbatas, ukuran, serta kegiatan di dalamnya mengindikasikan tingkat kepublikan yang tinggi pada ruang tersebut. Dua jenis akses tersebut menciptakan dua jenis aktivitas bersifat publik dan privat dalam satu ruang. Hal ini menimbulkan penyesuaian yang dilakukan pihak penyedia berupa pembatsan akses publik terbatas yang mengindikasikan adanya privatisasi ruang terbuka menjadi ruang pendukung kegiatan komersial dalam pusat perbelanjaan.

As one of shopping centre's forms, shopping mall require a selection such as potentially carry on commercial transaction as its prerequisite to enter its room. The requirement makes shopping mall space tend to be more private. Supporting space in the shopping mall like atrium or lobby doesn't require its users to carry on commercial transaction to enter its space, but since the supporting space are in the shopping mall, the users are already have been a group of people that the shopping mall had selected.
Tribeca Park with access and connection it has with the shopping mall, make it look like a shopping mall's supporting space. On the other hand, it has entrance that publicly accessible, same size as the mall, and kind of activities that indicated a higher degree of publicness in that space. These two different kinds of access create two different kinds of activities as well that tent to be more private and more public in one space. That event make the space providers did some adjustment like restriction to the accessible public entrance that indicated there's privatization in the open space to become a supporting space for commercial activities in the shopping centre.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : S42972
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 49 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S42972 14-22-42499745 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20311679