:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Analisis ergonomi terhadap sepeda anak-anak berdasarkan data antropometri menggunakan metode posture evaluation index (PEI) dalam virtual environment = Ergonomic analysis of kids bicycle based on children antrhopometry using posture evaluation index method on virtual environment

Siahaan, Roberton; Boy Nurtjahyo Moch., supervisor; Akhmad Hidayatno, examiner; Armand Omar Moeis, examiner; Farizal, examiner (Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Sepeda merupakan alat transportasi yang sangat umum dan luas penggunaannya di dunia yang digunakan oleh semua orang dari berbagai kalangan usia. Sekarang ini, bersepeda dianggap bukan hanya alat tranportasi yang sehat dan efisien tetapi juga rekreasi dan aktifitas olah raga yang populer.
Desain sepeda yang baik sangat berhubungan dengan efisiensi, power, keamanan, dan kenyamanan bersepeda. Bicycle fit juga sangat penting dalam hal mencegah kecelakaan. Beberapa masalah kesehatan dan gangguan skeletal yang behubungan dengan sepeda adalah karena kurangnya bicycle fit dan kesalahan postur saat bersepeda.
Penelitian ini bertujuan untuk rancang desain sepeda yang ergonomis untuk anak-anak usia 7-11 tahun dengan menggunakan software jack 6.1. Hasil akhir dari penelitian ini adalah rancangan sepeda dengan penambahan ketinggian stang 10 cm dari aktualnya.

Bicycle is a very common transportation and widely used in the world that are used by all people of all ages. Today, cycling is considered not only a means of healthy and efficient transportation, but also popular recreational and sporting activities.
The fine bicycle design is related to efficiency, power, security, and convenience of cycling. Bicycle fit is also very important in preventing accidents. Some health problems and skeletal disorders that relate with bicycle design are because of the lack of bicycle bike fit and posture error while cycling.
This study aims to design an ergonomic bicycle design for children aged 7-11 years using jack software 6.1. The final result of this study is the design of bicycle handlebar heights with the addition of 10 cm from the actual.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : S43457
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xv, 84 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S43457 14-17-508589681 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20311841