Analisis hambatan total pada kapal model monohull dan katamaran konfigurasi R/L (staggered) dengan displacement yang sama = Analysis of total resistant on ship models of monohull and catamaran R/L (staggered) configuration with the same displacement
Dwi Laksono;
Yanuar, supervisor; Sunaryo, examiner; Talahatu, Marcus Alberth, examiner; Hadi Tresno Wibowo, examiner; Mukti Wibowo, examiner
(Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012)
|
ABSTRAK Kapal adalah kendaraan pengangkut penumpang dan barang di laut. Dalampengoperasiannya, kapal membutuhkan daya mesin yang sesuai sehinggakecepatan kapal tercapai. Hambatan kapal menjadi faktor yang paling pentingdalam pemilihan main engine. Dengan displaement yang sama, penelitian ini akanmembandingkan nilai hambatan total yang didapat dari kapal model monohull dankapal model katamaran. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan mengenaipenurunan nilai hambatan yang diakibatkan oleh konfigurasi membujur (R/L)pada demihull kapal katamaran. Metode eksperimen dan numerik (HullSpeed-MaxsurfPro 11.12) dilakukan dalam penelitian dengan variasi kecepatan padaangka Froude 0.2 -0.6. Pada hasil eksperimen menunjukkan hambatan totalterbesar pada Fn 0.2-0.32 dimiliki oleh konfigurasi R/L 0.1. Selanjunya pada Fn >0.32, hambatan total terbesar dimiliki oleh monhull. Monohull memiliki nilaikoefisien hambatan total terbesar dibanding dengan ketiga konfigurasi. Jikadibandingkan antara ketiga konfigurasi, terlihat bahwa konfigurasi R/L 0.1 padaFn 0.2-0.3 menghasilkan nilai koefisien hambatan total yang terbesar. Pada Fn >0.3, nilai koefisien hambatan total terbesar dimiliki oleh konfigurasi R/L 0.0.Sedangkan analisa konfigurasi lambung secara membujur (staggered)memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penurunan hambatan. Semakinbesar nilai R/L, maka semakin kecil nilai hambatan yang dihasilkan Abstract The ship is a vessel carrier of passengers and goods at sea. In operation, shiprequires an ideal engine power so that it?s speed can be reached. Ship?s resistant isthe most important factor in the selection of main engine. With the same ofdisplaement, this study will compare the total resistance value obtained frommonohull and catamaran models. The purpose of this study is to explain thedecrease in resistance value caused by the longitudinal configuration (R / L) ondemihull catamarans. Experimental and numerical methods (HullSpeed-MaxsurfPro 11:12) are conducted in this study with the Froude number variationof the speed is 0.2 -0.6. In the experimental results show that the the largest totalresistant on Fn 0.2-0.32 owned by configuration of R/L 0.1. And then on Fn >0.32, monohull has the largest total resistant. Monohull has the largest coefficientof resistant compared with the three of catamaran?s configurations. Whencompared among catamaran?s configurations, configuration of R/L 0.1 on Fn 0.2-0.3 have the largest coefficient of resistant. On Fn> 0.3, the largest coefficient ofresistant is configuration of R / L 0.0. While the analysis of the longitudinal hullconfiguration (staggered) have a significant influence on reducing the resistant.The greater R/L value produces the smaller of resistant value; |
![]() |
No. Panggil : | S43470 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xv, 56 pages : illustration ; 30 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S43470 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20312359 |