Studi deskriptif konsep diri anak usia sekolah dan remaja yang menderita kanker di wilayah Jakarta dan sekitarnya = Descriptif study of self-concepts in school age and adolescent with cancer in aound Jakarta and area surround
Dini Sulistyanti;
Happy Hayati, supervisor
(Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012)
|
ABSTRAK Penyakit kanker pada anak adalah salah satu penyakit yang masih mematikannamun bisa disembuhkan. Anak dengan kanker harus menghadapi perubahanperubahansebagai dampak dari penyakit maupun proses pengobatannya.Perubahan fisik dan psikologis yang terjadi akan berpengaruh pada pembentukankonsep diri mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran konsepdiri anak kanker. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalahpenelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel penelitian adalah anakdengan kanker di Wilayah Jakarta dan sekitarnya dengan total 41 anak. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa sebanyak 23 anak (56.1%) memiliki konsep diripositif dan 18 anak (43.9%) masih memiliki konsep diri negatif. Komponenkonsep diri meliputi citra tubuh, ideal diri, harga diri, peran, dan identitas diri jugasebagian besar responden memiliki nilai yang positif. Saran bagi orang tua danpraktisi kesehatan adalah untuk memberikan dukungan emosional kepada anakdengan kanker guna mendukung perkembangan konsep diri positif Abstract Pediatric cancer is a terminal disease, but it can be cured. Child with cancershould face many changes in their body as the impact of the disease or medicaltreatment. Physical and psychological changes, could give an effect on their selfconceptdevelopment. The purpose of this study is to describe self-concept inchild with cancer. Design of this study was a quantitative with descriptive method.The respondents of this study are child with cancer in Jakarta and surroundings,about 41 school-age children and adolescent who had cancer. The result showsthat as 23 child (56.1%) had a positive self-concept and 18 child (43.9%) still hada negative self-concept. The component of self-concept such as self-image, selfideal,self-esteem, role, and self-identity best part had a positive result. Thisresearch suggests parents and health practitioner to give emotional support tochild with cancer in order to support positive development of self-concept. |
![]() |
No. Panggil : | S43485 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 76 pages ; 30 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S43485 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20312589 |