Gambaran perilaku belajar peserta diklat spamen yang berprestasi tinggi dan yang berprestasi rendah
Diba Nurharyati;
Tjut Rifameutia Umar Ali, supervisor
([Publisher not identified]
, 1998)
|
ABSTRAK Seiring dengan perubahan jaman ke arah era globalisasi dan eraperdagangan bebas, maka usaha peningkatan sumber daya manusia mutlakdiperlukan. Diklat SPAMEN adalah salah satu wadah yang ditujukan untukmengembangkan sumber daya manusia seiring dengan perubahan jaman tersebut,khususnya bagi para pegawai negeri yang akan menduduki jabatan tingkat eselondua.Proses pembelajaran adalah hal yang kompleks. Apalagi bila pesertaprogram belajar adalah para manusia dewasa yang telah memiliki berbagai Iatarbelakang pendidikan yang berbeda-beda. Suatu strategi pengajaran yang tepat perludikembangkan sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik.Salah satu ahli yang telah berhasil menyusun teori tentang pembelajaranadalah David A. Kolb (1985). Dalam teorinya Kolb menekankan peran pengalamanindividu dalam proses beIajar. Hal ini sangat relevan dengan peserta programpembelajaran dewasa yang telah memiliki cukup banyak pengalaman. MenurutKolb, gaya belajar adalah hal yang sangat mempengaruhi keberhasilan suatu prosesbelajar. Gaya belajar yang dimaksud oleh Kolb ini adalah gaya belajar yang terukurmelalui Learning Style Inventory (LSI) Kolb (1976). Gaya belajar ini terdiri dariempat macam: gaya belajar akomodasi, gaya belajar asimilasi, gaya belajar divergendan gaya belajar konvergenPada awal Diklat SPAMEN, peserta telah diberikan materi mengenai GayaBelajar dan diharapkan mereka dapat mengembangkan kemampuan belajar merekasehingga dapat mencapai prestasi tinggi. Penelitian ini ditujukan untuk menelitiperbedaan gaya belajar aktual antara peserta Diklat SPAMEN yang berprestasitinggi dengan peserta yang berprestasi rendah sehingga dapat diperoleh gambarangaya belajar aktual yang dapat membawa peserta Diklat SPAMEN kepadakeberhasilan belajar. Dalam penelitian ini yang diteliti bukan hanya sekedar gayabelajar yang terukur melalui LSI Kolb melainkan perilaku belajar yang dilakukanpeserta Diklat SPAMEN selama mengikuti Diklat SPAMEN. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan mengirimkankuesioner kepada peserta Diklat SPAMEN yang berprestasi tinggi dan yangberprestasi rendah masing-masing bejumlah 40 subyek. Kuesioner dikirimkanmelalui pos karena subyek tinggal di berbagai daerah. Namun setelah sampai bataswaktu yang ditentukan, ternyata kembali 31 kuesioner dari subyek yang berprestasitinggi dan 23 dari subyek yang berprestasi rendah.Hasil pengujian signifikansi perbedaan mean menunjukkan bahwa tidak adaperbedaan yang signifikan antara subyek yang berprestasi tinggi dengan subyekyang berprestasi rendah pada perilaku belajar asimilatif; divergen dan konvergen.Perbedaan yang signifikan terjadi pada perilaku belajar akomodatif. Perilaku inilahyang diduga mempunyai pengaruh pada keberhasilan peserta Diklat SPAMENmencapai prestasi tinggi selama mengikuti Diklat SPAMEN.Pada dasarnya, seperti dinyatakan oleh Kolb (1985), perilaku belajarakomodatif sama baiknya dengan ketiga perilaku belajar lainnya. Perbedaan yangmungkin ada adalah bahwa perilaku belajar akomodatif merupakan perilaku belajaryang membutuhkan waktu relatif lebih banyak dibandingkan dengan perilakubelajar lainnya. Bila dihubungkan dengan padatnya jadwal pada Diklat SPAMEN,perilaku belajar akomodatif menjadi tidak efisien. Selain itu, ada kemungkinanperilaku belajar akomodatif menjadi tidak terlalu penting dalam mengikuti DiklatSPAMEN karena yang lebih penting dalam proses belajar pada Diklat SPAMENadalah pemahaman materi yang sebenarnya dapat diperoleh dengan membacabuku-buku wajib dan mengikuti semua kuliah yang telah dijadwalkan.Untuk penelitian selanjutnya disarankan penelitian mengenai gaya belajardengan jumlah sampel yang Iebih banyak. Selain itu, bila ingin meneliti tentanggaya belajar aktual, disarankan agar item-itemnya dibuat lebih mendekati situasibelajar yang sebenarnya. Penelitian mengenai hubungan antara gaya belajar pesertadengan gaya mengajar pengajar akan dapat memperkaya hasil penelitian yang telahdiperoleh dalam penelitian. |
S-PDF-Diba Nurharyati.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | S-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1998 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | ix, 128 pages : illustration ; 30 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S-Pdf | 14-19-087894580 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20312841 |