ABSTRAK Metode active learning yaitu metode pembelajaran yang mengajak mahasiswauntuk belajar secara aktif, baik untuk menemukan ide pokok dari materi pelajaran,memecahkan persoalan, atau mengaplikasikan apa yang dipelajari ke dalam suatupersoalan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaranpersepsi mahasiswa ekstensi 2010 FIK UI tentang metode pembelajaran activelearning. Desain penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif sederhanadengan jumlah sampel total populasi yaitu sebesar 46 orang. Pengumpulan datadilakukan dengan menggunakan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis untukmemperoleh frekuensi dan persentasenya. Hasil penelitian ini adalah sebanyak50% mahasiswa memiliki persepsi positif terhadap metode pembelajaran activelearning. Bagi penelitian selanjutnya, agar area penelitian diperluas denganjumlah sampel yang lebih representatif sehingga hasil penelitian dapatdigeneralisasi. Abstract Methods of active learning is a teaching method that invites students to activelylearn to use your brain, either to find the main idea of the subject matter, solvingproblems, or apply what is learned into a problem that exists in real life. Thisstudy aims to get a picture of students' perceptions about the UI extension 2010FIK active learning teaching methods. The study design used was a simpledescriptive method with a sample of the total population of 46 people. The datawas collected using a questionnaire. The collected data were analyzed to obtainfrequencies and percentages. The results of this study is as much as 50% ofstudents had positive perceptions of active learning teaching methods. Moststudents consider it appropriate method used in FIK UI. For further research, inorder to extend the study area with a more representative number of samples sothat results can be generalized |