ABSTRAK E-learning adalah salah satu contoh pemanfaatan internet di bidang pendidikan.SCELE merupakan salah satu contoh pengaplikasian e-learning di FIK UI.Adanya proses diskusi yang berlangsung melalui SCELE menimbulkan beragampersepsi pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsimahasiswa FIK UI Reguler terhadap metode pembelajaran online melalui SCELE.Penelitian menggunakan desain deskriptif sederhana. Pengambilan sampel denganteknik stratified random sampling, dengan jumlah responden sebanyak 83mahasiswa FIK UI reguler, dari angkatan 2008, 2009, 2010 dan 2011. Hasilanalisa data menunjukkan bahwa 51,8% mahasiswa FIK UI mempunyai persepsinegatif terhadap SCELE. Peneliti merekomendasikan agar penelitian berikutnyamenggunakan sampel yang lebih variatif, tidak hanya di FIK, tetapi seluruhfakultas yang menggunakan SCELE. Abstract E-learning is one example of the use of internet in education. SCELE is oneexample of application of e-learning in FIK UI. The discussion process that goesthrough SCELE causes on different perceptions among students. This study aimsto describe FIK UI Regular students? perceptions to SCELE. This research usedquantitative descriptive design. Sampling technique used was stratified randomsampling on 83 regular students? of FIK UI, class of 2008, 2009, 2010 and 2011.The results showed that 51.8% of students have a negative perception to SCELE.Researcher recommended that next research should use more diverse sample, notonly from FIK UI, but also other faculties that used SCELE. |