Deskripsi Lengkap
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text (rdacontent) |
Tipe Media : | unmediated (rdamedia); computer (rdamedia) |
Tipe Carrier : | volume (rdacarrier); online resource (rdacarrier) |
Deskripsi Fisik : | xv, 110 pages : illustration ; 29 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
- Ketersediaan
- File Digital: 1
- Ulasan
- Sampul
- Abstrak
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S43172 | 14-17-478225799 | TERSEDIA |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20312948 |
Abstrak
ABSTRAK
Skripsi ini membahas pola-pola verba imperatif yang terdapat dalam petunjuk pemakaian produk makanan, obat-obatan dan kosmetik. Penulis menganalisis verba yang menunjukkan perintah yang digunakan dalam produk tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Penulis menjadikan 16 produk yang terdiri dari enam produk jenis makanan, lima produk jenis obat-obatan, dan lima produk jenis kosmetik, sebagai sumber data dalam penelitian. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana penggunaan verba imperatif dalam teks iklan, yakni petunjuk pemakaian beberapa produk yang sering digunakan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa verba imperatif yang terdapat pada produk-produk tersebut adalah verba imperatif asli dan verba imperatif berdasarkan pragmatik dengan jumlah verba imperatif berdasarkan pragmatik lebih banyak digunakan daripada verba imperatif asli. Adapun verba imperatif berdasarkan pragmatik tersebut antara lain berupa nomina deverbal, verba imperfektif, dan nomina berpreposisi. Sebagian besar verba imperatif berdasarkan pragmatik dalam petunjuk pemakaian ini merupakan verba imperfektif.
Abstract
The focus of this study is verb, one of imperative devices, which appears in instruction of use in food, medicines and cosmetic product. Imperative verb which is used in the products will be analyzed through this study. The method of this study is qualitative with descriptive design. The sources of this study are 16 products which consist of six products of food, five products of medicines and five products of cosmetic. The purpose of this study is to describe how to use imperative verb in advertisement text, specifically instruction of use in products which is common in public. The result shows that the imperative verb which appears in these products are original imperative verb and non-original imperative verb. In addition, the number of non-imperative verb is more dominant than original imperative verb ones. As for non-original imperative verbs are verbal noun, imperfective verb and prepositional noun. The non-original imperative verb which is mostly used is imperfective verb.
Skripsi ini membahas pola-pola verba imperatif yang terdapat dalam petunjuk pemakaian produk makanan, obat-obatan dan kosmetik. Penulis menganalisis verba yang menunjukkan perintah yang digunakan dalam produk tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Penulis menjadikan 16 produk yang terdiri dari enam produk jenis makanan, lima produk jenis obat-obatan, dan lima produk jenis kosmetik, sebagai sumber data dalam penelitian. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana penggunaan verba imperatif dalam teks iklan, yakni petunjuk pemakaian beberapa produk yang sering digunakan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa verba imperatif yang terdapat pada produk-produk tersebut adalah verba imperatif asli dan verba imperatif berdasarkan pragmatik dengan jumlah verba imperatif berdasarkan pragmatik lebih banyak digunakan daripada verba imperatif asli. Adapun verba imperatif berdasarkan pragmatik tersebut antara lain berupa nomina deverbal, verba imperfektif, dan nomina berpreposisi. Sebagian besar verba imperatif berdasarkan pragmatik dalam petunjuk pemakaian ini merupakan verba imperfektif.
Abstract
The focus of this study is verb, one of imperative devices, which appears in instruction of use in food, medicines and cosmetic product. Imperative verb which is used in the products will be analyzed through this study. The method of this study is qualitative with descriptive design. The sources of this study are 16 products which consist of six products of food, five products of medicines and five products of cosmetic. The purpose of this study is to describe how to use imperative verb in advertisement text, specifically instruction of use in products which is common in public. The result shows that the imperative verb which appears in these products are original imperative verb and non-original imperative verb. In addition, the number of non-imperative verb is more dominant than original imperative verb ones. As for non-original imperative verbs are verbal noun, imperfective verb and prepositional noun. The non-original imperative verb which is mostly used is imperfective verb.