ABSTRAK Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesiamelakukan aktivitas media relations yang dilaksanakan oleh Humas yangtergabung dalam Pusat Komunikasi Publik untuk mencapai publisitas yangdapat digunakan untuk penyebarluasan informasi mengenai pariwisata dalamnegeri kepada masyarakat khususnya calon wisatawan nusantara. Penelitian inimencoba menganalisis secara deksriptif mengenai aktivitas media relationsuntuk mencapai publisitas yang dapat mendukung promosi pariwisata dalamnegeri dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan cara wawancaramendalam serta melakukan studi pustaka seperti data yang didapatkan darisumber literatur kepustakaan berupa buku-buku, surat kabar, artikel/tulisanpada media massa dan internet, foto, dokumen dan website KementerianPariwisata dan Ekonomi Kreatif.Kesimpulan penelitian ini memperlihatkan bahwa KementerianPariwisata dan Ekonomi Kreatif menyadari bahwa media merupakan hal yangsangat penting untuk dapat menyebarluaskan informasi mengenai promosipariwisata dalam negeri, dan hubungan dengan media tersebut dapatdiupayakan melalui aktivitas media relations yang dilakukan oleh Humassecara konvensional dan special treatement walaupun dalam prakteknyaterdapat banyak hambatan. Humas juga telah melakukan peran, fungsi sertatugasnya dalam upaya pencapaian publisitas pendukung promosi pariwisatadalam negeri melalui aktivitas media relations tersebut. ABSTRACT Ministry of Tourism and Creative Economy, Republic of Indonesiaholds media relations activities that is implemented by Public Relations whichis incorporated in Centre of Public Communication in efforts to achievepublicity which can be used to dissemination of information about domestictourism promotion especially candidate of domestic tourism. This thesis try toanalize in descriptive way about media relations activity to achieve publicity forsupporting domestic tourism promotion by using qualitative approach throughin depth interviews, and also doing literature study such as data obtained fromliterature sources in form books, newspaper, article/posts on mass media andinternet, photos, document and website of Ministry of Tourism and CreativeEconomy.Conclusion of this thesis shows that Ministry of Tourism and CreativeEconomy realize that media is a very important thing to disseminationinformation about promotion of domestic tourism, and media relations can bepursued through media relations activities conducted by the Public Relations inconventional and special treatment although in practice there are manyobstacles. Public Relation also has done the role, functions and duties well insupporting efforts to achieve publicity for tourism promotion activities in thecountry through the media relations. |