Indonesia adalah negara maritim sekaligus negara kepulauan terbesar di dunia.Dengan predikat tersebut, Indonesia memiliki kekayaan hayati dan non hayati lautyang sangat berlimpah dan memiliki nilai yang tidak terhingga sehingga dapatdipertimbangkan sebagai salah satu kekayaan laut terbesar di Asia. Indonesiasebagai negara modern juga memiliki industri perkapalan dan pelayaran yangcukup maju, hal ini ditandai dengan banyaknya armada kapal yang dimiliki olehperusahaan kapal nasional baik di sektor swasta maupun pemerintah sertabanyaknya pelabuhan modern yang strategis yang menjadi pusat perlabuhan bagikapal laut asing maupun domestik. Kemajuan tersebut tentu membawa dampakyang positif bagi semua pihak serta sebagai suatu indikator kemajuanperekonomian nasional, namun di sisi lain, lintas kapal yang melalui wilayahperairan Indonesia juga memiliki resiko yang dapat mengancam kepentingannasional. Penelitian ini mencoba mengkaji salah satu resiko tersebut, yaitu resikoterhadap pencemaran lingkungan hidup di laut yang mungkin timbul akibattumpahan minyak di laut yang bersumber dari kapal tanker sebagai pembawamuatan minyak. Mengambil contoh kapal pada umumnya, dan kapal tanker padakhususnya (kapal tanker membawa muatan minyak curah yang memiliki kadarkonsentrasi yang cukup tinggi yang apabila tumpah dapat menyebabkanpencemaran lingkungan hidup di laut serta membahayakan biota di laut),penelitian ini mencoba untuk melakukan analisa terhadap bentuk pertanggungjawaban pemilik kapal tanker terhadap kerusakan lingkungan hidup di laut akibatkecelakaan kapal. Asuransi di satu sisi merupakan skema perlindungan terhadapresiko yang dapat merugikan kegiatan usaha & perekonomian nasional, sehinggaasuransi adalah konsep yang sangat komprehensif, lengkap, dan menguntungkanbagi semua pihak. Penelitian ini mencoba menerapkan konsep asuransi sebagaimekanisme perlindungan yang wajib pada dunia industri pelayaran danperkapalan di Indonesia agar dapat memberikan solusi perlindungan danpertanggung jawaban yang lebih baik serta lebih efektif lagi sebagai bentuk solusidari pertanggung jawaban pemilik kapal tanker terhadap kemungkinan timbulnyapencemaran lingkungan hidup di laut yang bersumber dari kapal tanker sebagaiakibat tumpahan minyak. Abstract Indonesia is a maritime nation-state as well as one of the largest archipelagocountries in the world. With that status, Indonesia has abundant biological andnon-biological assets within its seas and thus possess unlimited values andconsidered to be one of the wealthiest nation-states in Asia in terms of itsmaritime?s and richness. Indonesia as a modern state also possess a shipping andmaritime industry that can be considered to be quite advanced, such matter isindicated through the modernisation and the large number of fleet owned byIndonesian national or private companies. Not only that, the high number ofstrategic ports built by the Indonesian government for the interest of bothdomestic and international ships are also the indication of how our maritime andshipping industry to be quite advanced. Such progress surely brings positiveimpact towards all stakeholders as well as being an indicator for the progress ofnational economy, yet on the other side, the shipping lines and traffic throughIndonesian seas also possesses a risk that can threat national interest. Thisresearch attempts to analyze one of those aforementioned risks, which is the risktowards maritime environment pollution that might be occurred as an effect fromoil spill within the seas that sourced from tankers as the carrier of the oils (oil asthe main cargo). Using the examples of ships in general terms and tanker to bespecific (tankers bring oils as cargo that has high concentration of damages ifspilled to the seas and likely to create pollution within the environment that canthreat the marine biota), this research attempts to undertake a comprehensivestudy regarding the liabilities of the tankers owners towards the damages of thesea environment that caused by accidents. Insurance on the other side is known tobe a strategic scheme that can provide protection towards the risks which cancover both the business owners and the interest of the national economy, thusinsurance can be considered to be a very comprehensive and complete conceptthat can benefits all stakeholders. This research also try to apply the insuranceconcept as a mandatory (obligatory) protection mechanism towards the shippingand maritime lines industry in Indonesia so it can provide better, improved andeffective solution in terms of ship owners protection and liabilities in terms ofengaging the possibilities of sea pollution environment that sourced from tankers?accidents causing oil spill |