:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku membaca label pangan pada siswa SMA negeri 68 Jakarta Tahun 2012

Rezi Rafiki Assifa; (Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku membaca label pangan pada remaja. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional yang dilakukan di SMA Negeri 68 Jakarta pada bulan April 2012. Sampel dalam penelitian ini adalah 188 siswa kelas X dan XI SMA Negeri 68 Jakarta yang didapatkan dengan metode quota sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian kuesioner mandiri (self administered questionnaire). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji Chi Square. Hasil analisis univariat menunjukkan bahwa sebanyak 51,6% responden yang patuh membaca label pangan.
Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang bemakna antara kepentingan harga, kepentingan rasa, kepentingan zat gizi, pengetahuan tentang gizi dan label pangan, pendapatan orang tua, waktu berbelanja, dan keterpaparan informasi tentang label pangan dengan perilaku membaca label pangan pada remaja. Sedangkan tidak ada hubungan yang bermakna antara jenis kelarnin, diet khusus, dan aktivitas belanja mandiri dengan perilaku membaca label pangan pada remaja.
Peneliti rnenyarankan kepada siswa SMA Negeri 68 Jakarta untuk lebih aktif lagi membaca informasi tentang label pangan dan masukkan kepada pemerintah untuk membuat materi pembelajaran pada siswa mengenai label pangan, serta dampak tidak membaca label pangan terhadap kesehatan.

The aim of this study is to determine factors associated with food label reading behavior in adolescents. The design of the study is cross sectional design that conducted in SMA Negeri 68 Jakarta in April 2012. The sample of this study is 188 students in class X and XI SMA Negeri 68 Jakarta selected with quota sampling method. Data collection was done by filling out the self-administered questionnaire. Data were analyzed using univariate and bivariate analysis using Chi Square test. The result of univariate analysis showed that 51.6% of respondents comply to read the food label.
The results of bivariate analysis showed that there was a significant association between price and taste importance, nutrition consideration, knowledge of nutrition and food labeling, parental income, shopping time, and exposure to food label information with food label reading behavior among adolescents. No significant association between gender, special diet, and type of shopping activity with food label reading behavior.
It is suggested that students of SMA 68 Jakarta to be more active inreading the information on food label and the govemment to create learning materials for students about the food label and its impact on health.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2012
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xviii, 103 hlm. ; 28 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-22-99606677 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20313352