ABSTRACT This study aimed to examine the factors that cause time income (headway)and speed of the bus TransJakarta in each bus station. Observations carried out tosee the influence of headway and speed that cause of waiting time of passangersmore longer. The method carried out with make simulation with using observationdata directly of departure and arriving in each station and speed that using of thebuses. Then simulation result analyzed by using macroscopic modelling andcompared with using the intelligent autonomous vehicle which is developed inLAGIS Laboratory. The automation of driving tasks carries a large number ofbenefits, such as the optimization of the use of transport infrastructures, theimprovement of mobility, the minimization of risks, travel time, and energyconsumption. ABSTRAK Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji faktor yang mempengaruhijarak waktu kedatangan (headway) dan kecepatan (speed) bus TransJakarta disetiap halte bus. Observasi dilakukan untuk melihat pengaruh faktor-faktor yangmempengaruhi headway dan speed yang mengakibatkan waktu tunggu parapenumpang menjadi lebih besar. Metode yang dilakukan dengan melakukansimulasi dengan menggunakan data pengamatan secara langsung waktukeberangkatan bus dan waktu tiba bus di setiap halte serta kecapatan yangdigunakan. Kemudian hasil simulasi dianalisa menggunakan permodelanmacroscopic dan dibandingkan dengan menggunakan bus otomatis yangdikembangkan di labolatorium LAGIS. Kendaraan Otomatis sejak otomatisasitugas-tugas mengemudi membawa sejumlah besar manfaat, seperti optimalisasipenggunaan infrastruktur transportasi, peningkatan mobilitas, minimalisasi risiko,waktu perjalanan, dan konsumsi energi. |