Analisis implementasi pelarangan belok kiri langsung terhadap kinerja lalu lintas pada kaki pendekat persimpangan bersinyal = Analysis the implementations of No-Left Turn on Red (NLTOR) to the traffic Performance at Approach Legs of Signalized Intersection
Fery Subekti;
Heddy Rohandi Agah, supervisor; Nahry, examiner; Tri Tjahjono, examiner; Alan Marino, examiner; Siregar, Martha Leni, examiner
([Publisher not identified]
, 2012)
|
ABSTRAK Implementasi pelarangan belok kiri langsung (NLTOR) pada persimpanganbersinyal tertuang pada UU No 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan AngkutanJalan pasal 112 ayat 3. Permasalahan yang timbul adalah belum adanya petunjukteknis terkait penerapan NLTOR. Penelitian ini bertujuan untuk melakukananalisis akibat arus belok kiri pada berbagai tingkat arus di kaki pendekat simpangbersinyal dan menentukan batas efisien komposisi arus lalu lintas pada pengaturanbelok kiri langsung (LTOR) dengan indikator waktu tundaan kendaraan, panjangantrian kendaraan, dan waktu tundaan pejalan kaki menyeberang. Metode yangdigunakan dalam penelitian ini adalah melakukan simulasi antara kondisi NLTORdan LTOR dengan menggunakan model MKJI dan perangkat lunak VISSIM. Hasiluji chi square menunjukkan model MKJI paling mendekati dengan hasil observasilapangan. Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi volume 500 ? 1000smp/jam dan lebar pendekat 5,5 meter, kinerja persimpangan pada kondisiNLTOR lebih baik dari pada kondisi LTOR. Selain itu, kondisi batas penerapanLTOR untuk parameter tundaan dan panjang antrian kendaraan adalah sebagaiberikut: Kondisi I (untuk persentase volume belok kiri 0-25 %) penerapan LTOR;Kondisi II ( persentase volume belok kiri 25-65 %) pengaturan LTORdiperbolehkan dengan syarat dilakukan upaya manajemen persimpangan; KondisiIII (persentase volume belok kiri 65-100 %) penerapan NLTOR. Kondisi batasuntuk parameter tundaan pejalan kaki adalah Kondisi I (persentase volume belokkiri 0-65 %) penerapan LTOR; Kondisi II (persentase volume belok kiri 65-100%) penerapan NLTOR. ABSTRACT The implementations of the No-Left turn on Red (NLTOR) at the signalizedintersection is contained in Act No. 22 of 2009 about Traffic and Road Transportarticle 112 paragraph 3. The problems is technical guidance of the implementationhas not issued yet. This research is aim to conduct an analysis of the effect of turnleft at traffic different levels of the flow at the approaches of the signalizedintersection and to define the limits of traffic flow settings turn left on red with theindicator delay time composition, length vehicles queue and pedestrian crossingtime delay. Traffic flow is simulated between various condition of the NLTORwith LTOR using MKJI model and VISSIM software. Chi square result showsthat the calculation model is the closest to the results of the observation field. Theresults show that on volume 500-1000 smp/hour and 5.5 meters width, theperformance of NLTOR are better than LTOR. The boundary conditions for theimplementation of LTOR for the delay parameter and the length of the queue ofvehicles are: Condition I (0-25% volume of left turn traffic) LTORimplementation; Condition II (25-65% volume of left turn traffic) LTOR isallowed subject to intersection management; Condition III (65-100% volume ofleft turn traffic) implementation of the NLTOR. The boundary conditions thedelay parameter for pedestrians are: Condition I (0-65% volume of left turntraffic) LTOR implementation; Conditions II (65-100% volume of left turn traffic)NLTOR implementation. |
|
No. Panggil : | T31497 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2012 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xi, 116 pages : illustration ; 28 cm. + Appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T31497 | 15-19-943314283 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20313422 |