Pola asuh pembantu rumah tangga (prt) dalam kaitannya dengan pembentukan hubungan kelekatan pada anak usia 18-24 bulan
Diana Suciati;
Soemiarti Patmonodewo, supervisor
([Publisher not identified]
, 1998)
|
ABSTRAK Desakan ekonomi merupakan salah satu faktor yang memaksa kedua orangtua harus mencari nafkah, dapat menimbulkan masalah jika mereka memiliki bayiyang masih membutuhkan kasih sayang dan perhatian mereka secara utuh. Salahsatu alternatif solusi adalah mempekerjakan seorang Pembantu Rumah Tangga(PRT) untuk membantu mereka mengasuh dan merawat anaknya. Solusi ini punmenimbulkan masalah baru. PRT yang diharapkan dapat menggantikan orang tuayang bekerja dalam merawat dan mengasuh anaknya memiliki pendidikan yangrata-rata rendah (SD). Hal ini memungkinkan adanya kekurangan stimulasi(rangsangan) pada anak dan dapat menurunkan kualitas pengasuhannya, sehinggaada kemungkinan anak tidak dapat menyeiesaikan tugas perkembangannya,termasuk sosioemosional. Salah satu bentuk perkembangan sosioemosionai adalahterbentuknya hubungan kelekatan yang aman (secure) antara anak dan orang yangberarti, baik orang tua maupun pengasuh (PRT) sebagai orang tua pengganti.Klein memperkenalkan suatu metode yang dapat digunakan pengasuh agardapat menghasilkan kualitas pengasuhan dan interaksi yang baik dengan anak.Metode itu disebut MLE (Mediated Learning Experience). Dalam metode inipengasuh bertindak sebagai mediator antara anak dan lingkungan. Mediasi dapattercapai melalui proses matching/ menyesuaikan hal yang dimediasikan denganrespon anak. Untuk dapat melakukan hal itu, seorang mediator harus sensitif/ pekadan berespon pada keinginan dan kebutuhan bayi. Dengan demikian ia baru dapatmemberikan rangsangan yang tepat bagi bayi.Oleh karena itu, ada kemungkinan jika PRT menggunakan metode MLBtersebut, maka akan terbentuk suatu hubungan kelekatan yang cenderung aman/secure pada anak/ bayi yang diasuhnya.Selain pendidikan tersebut, ada beberapa faktor yang mempengaruhiperilaku pengasuhan seseorang, baik internal maupun eksternal, seperti diripengasuh, diri anak, konteks sosial (Belsky, 1984). Sedangkan dalam Hamner &Turner, 1990 ditambahkan faktor kebudayaan dan media massa.Tujuan penelitian ini adalah memperoleh gambaran perilaku pengasuhanPRT sebagai dampak dari faktor-faktor internal dan eksternal pengasuh sekaligus dinamikanya sehingga terjadi pembentukan hubungan kelekatan pada anak yangdiasuhnya.Penelitian ini dilakukan dengan mewawancarai ibu dan PRT sertamengobservasi perilaku anak dan PRT dalam interaksi mereka sehari-hari. Teknikpengambilan sampel adalah dengan menggunakan kasus tipikal dengankarakteristik PRT yang sudah bekerja minimal tujuh bulan pada keluarga yangbersangkutan dan bayi berusia 18-24 bulan pada golongan sosial ekonomimenengah di wilayah Jabotabek.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PRT yang telah menggunakanmetode MLB (Mediated Learning Experience) dengan memenuhi tiga kriteriaminimalnya pada kegiatan bermain anak dan memberi perhatian intensif,membawa dampak kelekatan yang cenderung aman (secure) pada anak yangdiasuhnya.Penelitian ini juga menunjukkan bahwa cara ibu mengorganisasikan rumahtangganya berpengaruh penting pada pola asuh PRT, maka disarankan kepadapara ibu untuk mengorganisasikan, mendelegasikan, dan mengkontrol rumahtangganya secara tepat dan proporsional. Di samping itu, agar pola pengasuhanPRT lebih terarah dan berkualitas, sebaiknya para ahli mulai memikirkan carauntuk mensosialisasikan metode MLE kepada ibu untuk kemudian dapat ditransfer kepada PRT. |
![]()
|
No. Panggil : | S-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1998 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | iv, 145 pages : illustration ; 30 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S-Pdf | 14-19-704315377 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20313571 |