:: UI - Skripsi Membership :: Kembali

UI - Skripsi Membership :: Kembali

Efektivitas teknik penyajian iklan radio dalam mempengaruhi brand awareness konsumen remaja

(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1997)

 Abstrak

Remaja kota besar seperti Jakarta umumnya amat memperhatikan
penampilan mereka. Ini membuat mereka menjadi konsumtif dan amat
memperhatikan iklan yang ada di berbagai media, terutama radio yang menjadi
?teman? mereka melakukan aktivitas sehari-hari. Seringnya mereka
mendengarkan radio membuat banyak produsen menggunakan media tersebut
sebagai perantara untuk mencapai remaja. Namun untuk dapat menarik
perhatian remaja sebagai pendengar radio tidaklah mudah, karena harus bersaing
dengan banyak informasi lain yang juga berusaha masuk kedalam diri remaja.
Pada proses pengolahan informasi, jika suatu stimulus dianggap menarik
dan menyenangkan maka stimulus tersebut akan membangkitkan rasa ingin tahu.
Iklan sebagai stimulus, jika dibuat menarik dan rnenyenangkan maka pendengar
akan terus mendengar isi pesan yang ingin disampaikan. Untuk dapat menarik
perhatian remaja sebagai pendengar radio, maka perlu digunakan suatu ?alat?
yang akan membuat iklan menarik untuk diperhatikan. Alat tersebut adalah
humor yang memiliki ciri-ciri sesuai keinginan remaja. Dengan diperhatikannya
iklan, diharapkan isi pesan yang ingin disampaikan akan dapat diterima. Dengan
demikian ?kesadaran" pendengar mengenai produk yang ditawarkan akan
meningkat. Kesadaran inilah yang disebut brand awareness.
Meskipun demikian, ada juga pendapat yang mengatakan bahwa humor
dalam iklan radio hanya akan membuat pendengar melupakan isi pesan produk.
Hal itu terjadi karena pendengar hanya memperhatikan cerita Iucunya tanpa
memperhatikan isi pesan iklan.
Melihat itu semua, kemudian diteliti apakah ada perbedaan pengaruh teknik
penyajian iklan radio terhadap brand awareness pada remaja. Penelitian ini
menggunakan metode eksperimental dengan memakai tiga kelompok. Dalam
penelitian ini yang menjadi variabel dependen adalah brand awareness dari
konsumen remaja yang diukur dengan tes brand recall. Sedangkan variabel
independennya adalah teknik penyajian iklan radio yang akan divariasikan
menjadi tiga: menggunakan humor simple related humor simple unrelated dan
tanpa menggunakan humor. Sehingga dengan demikian, desain analisa stastistik
yang digunakan adalah ANOVA Satu Arah.

Hasil yang didapat menunjukkan bahwa memang ada perbedaan pengaruh
teknik penyajian iklan radio. Brand awareness subyek yang rnendapat teknik
penyajian iklan radio tanpa menggunakan humor terbukti lebih tinggi
dibandingkan dengan kelompok yang rnendapat teknik penyajian iklan radio
menggunakan humor simple related ataupun humor simple unrelated. Sementara
antara iklan dengan teknik penyajian menggunakan humor simple related dengan
humor simple unrelated, tidak terlihat ada perbedaan yang signifikan dalam
mempengaruhi brand awareness remaja dalam penelitian ini.

 File Digital: 1

Shelf
 S-PDF-Maria Martiningsih.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1997
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : vii, 81 hlm. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20313623