ABSTRAK Tesis ini merupakan penelitian praktik leksikografi dikaitkan gender denganmenggunakan teori semantik. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanaentri berkelas kata nomina persona yang berorientasi gender disusun dalamKamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Edisi IV. Tujuan penelitian tesis iniadalah (1) mengungkapkan pengaruh stereotip dalam penyusunan entri berkelaskata nomina persona yang berorientasi gender dalam KBBI IV; (2) memaparkanpenyusunan lema yang beroposisi gender dalam KBBI IV. Penelitian inimenggunakan metode kualitatif dan metode kuantitatif sebagai pendukungnya.Data primer penelitian ini lema dan sublema dari KBBI IV, sedangkan datasekunder berasal dari penelusuran penggunaan lema dan sublema melalui lamangoogle, kuesioner yang diedarkan kepada empat puluh responden yang merupakanpengguna kamus (editor dan penerjemah), serta wawancara mendalam dengan timpenyusun KBBI IV. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh stereotip dalampenyusunan definisi (termasuk contoh penggunaan lema) serta pada kemunculanlema dan sublema. Dalam penelitian ini ditemukan pula jenis oposisi gender danpola pendefinisian lema yang beroposisi gender tersebut. Abstract This thesis is a lexicography practical research related to gender, conducted byusing semantic theory. The problem of this study is how entries of gender-orientedanimate noun were compiled in the 4th edition of Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI). The aims of the study are (1) to find out the influence of stereotype incompiling the entries of gender-oriented animate noun in the 4th edition of KBBI;(2) to explain the gender-opposition lemma compilation in the 4th edition of KBBI.The main method of this research was qualitative, while quantitative method wasas a support. The primary data of this research were entry and subentry of the 4thedition of KBBI. Meanwhile, secondary data used was the tracing of entry andsubentry usage through the google page, questionnaire for 40 respondents (editorsand translators using KBBI), indepth interview with the compilers of the 4thedition of KBBI. The result of this study showed the stereotype influences upondefinition compilation (including the example of entry usage) and entry andsubentry emergence as well. This study also found the type of gender oppositionand such gender-opposition lemma definition. |