ABSTRAK Perkembangan tekonologi komunikasi telah membawa babak baru dalamkehidupan manusia. Salah satu hasil perkembangan teknologi informasi dankomunikasi yang mempunyai pengaruh signifikan dalam interaksi antar manusiaadalah game online, dalam hal ini adalah Massively Multiplayer Online Game(MMOG). Seperti halnya dalam komunikasi antar budaya yang terjadi dalamkonteks bertatap muka, stereotipe sulit untuk dihindari. Penelitian dalam Tesis inibertujuan untuk mendeskripsikan stereotipe-stereotipe pemain Indonesia yangmuncul dalam dunia online game Battle of Immortals (BoI), dan juga bagaimanapara pemain dalam dunia tersebut mengakomodasi komunikasi yang terhambatoleh stereotipe tersebut. Penelitian ini menggunakan berbagai konsep Identitas,Stereotipe dan juga Communication Accomodation Theory. Metode penelitian inimenggunakan metode kualitatif, dengan model studi kasus, serta denganmenggunakan wawancara mendalam dan observasi sebagai teknik pengumpulandata penelitian. Informan dalam penelitian ini adalah para pemain BoI yangberasal dari Indonesia. Secara umum, penelitian ini menunjukkan bahwa dalamdunia online game, saat para pemain tidak bertatap muka sekalipun, cukup banyakstereotipe pemain Indonesia yang muncul dalam proses komunikasi antar pemain.Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan para informan, proseskomunikasi yang terjadi pun diakomodasi dengan berbagai cara sesuai kontekskomunikasi yang berlangsung. Abstract Developments in communication technologies has brought a new chapter inhuman life. One result of the development of information and communicationtechnologies which have significant effects in the interaction between people is anonline game, in this case is a Massively Multiplayer Online Game (MMOG). Justas in intercultural communication that occurs in the context of face to face, it isdifficult to avoid stereotypes. Research in this thesis aims to describe the playersIndonesia stereotypes that emerged in the world of online gaming Battle ofImmortals (BoI), and also how the players in the world that is hampered bycommunication to accommodate those stereotypes. This study uses the conceptsof Identity, Stereotyping and Communication Accommodation Theory. Thisresearch method using qualitative methods, with a model case study, as well asusing in-depth interviews and observation as research data collection techniques.Informants in this study are the players who come from Indonesia BoI. In general,this study shows that in the world of online gaming, as the players do not face toface though, quite a lot of players Indonesia stereotypes that emerged in theprocess of communication between players. Based on observations and interviewswith the informants, the communication process that occurs even accommodatedin various ways according to the context of the ongoing communication. |