Agar dapat mengelaborasi dan menginterpretasi proses di belakang layar (behind the scenes) dalam pembuatan film Alangkah Lucunya (Negeri Ini), penelitian ini menerapkan pemikiran dan pendekatan fenomenologi milik Peter L. Berger untuk menganalisis proses dialektis (eksternalisasi, obyektivasi, dan internalisasi) dalam pembentukan niat-niat (intentions) dan pengalaman-pengalaman yang dimiliki oleh para pembuat film, yang turut mempengaruhi dan mendasari penciptaan film tersebut. Sehingga, penelitian ini melibatkan peran interpretasi yang aktif dari para pembuat film, terutama tiga orang utama 'di belakang kamera' (produser, sutradara, dan penulis skenario), dan juga peneliti sendiri. As an attempt to elaborate and interpret the behind the scenes process of the movie Alangkah Lucunya (Negeri Ini), this research applies the phenomenology of Peter L. Berger in order to analyze the dialectical process (externalization, objectivation, and internalization) on how intentions and experiences owned by the filmmakers eventually influences the creation of the movie. Therefore, this research involves active roles of interpretation from the filmmakers, especially the three main people 'behind the camera' (the producer, director, and screenwriter), and also the researcher herself. |