:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Analisis faktor motivasi wirausahawan wanita dan hubungannya dengan pertumbuhan usaha: studi kasus pada UMKM Batik di Solo = Factor analysis of motivation of women entrepreneurs and its relation to the venture growth: case study Batik Micro Small Medium Enterprises in Solo

Diah Novianti; Rambat Lupiyoadi, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Peranan wanita dalam kegiatan ekonomi telah terbukti dalam membantu perekonomian keluarga dan juga dalam pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor motivasi wirausahawan wanita dalam memulai dan menjalankan usahanya. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah motivasi memiliki hubungan dengan pertumbuhan usaha.
Metode analisis yang digunakan adalah analisis faktor, dan analisis pearson product moment. Sample yang digunakan pada penelitian ini adalah wirausahawan wanita pada industri batik di Solo.
Hasil analisis faktor motivasi terhadap 53 responden wirausahawan wanita yang diteliti terbentuk 6 faktor motivasi, yaitu personal growth (pengembangan diri), family (keluarga), need for achievement (kebutuhan berprestasi), income-job (pendapatan), physiological drive (dorongan fisiologi), dan faktor higine (faktor ekstrinsik) sebagai faktor motivasi wirausahawan wanita dalam menjalankan usahanya pada industri batik di Solo.
Hasil analisis korelasi product moment menyatakan bahwa motivasi mempunyai korelasi sangat rendah dan tidak signifikan dengan pertumbuhan usaha Hal ini dapat disimpulkan bahwa motivasi bukan merupakan faktor utama dalam pertumbuhan usaha wirausahawan wanita pada industri batik di Solo, namun ada faktor lain yang lebih berpengaruh terhadap pertumbuhan usaha yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini, salah satunya yaitu kemampuan manajerial.

The role of women in economic activities as entrepreneurs has been proven to help the family economy and the growth of micro, small, and medium enterprises. The aim of this research is to analyse the motivational factors of women entrepreneurs for doing business. This research will also analyse the correlation of motivation to venture growth.
The methodology used for this research was factor analysis and analysis of pearson product moment. The sample used was women entrepreneurs in the batik industry in Solo.
The analysis of motivational factors of the 53 respondents found 6 motivational factors, namely: personal growth, family, need for achievement, job income, physiological drive, and hygiene (extrinsic factor) as motivational factors of the women entrepreneurs for doing business in the batik industry in Solo.
The pearson product moment found that motivation has a correlation with venture growth, but was indicated as a low and insignificant correlation. It can be concluded that motivation is not a major factor in the growth of women entrepreneurs in the batik industry in Solo, but there are other factors that have a significant correlation to the venture growth which are not included in this research, one of which is managerial skill.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : S-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xvi, 71 hlm. : il . ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S-Pdf 14-22-96107275 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20314107