Peningkatan Keterampilan Penetapan Tujuan dan Perencanaan Strategi Belajar Pada Siswa Coasting Underachiever Melalui Program Penetapan Tujuan dan Perencanaan Strategi Belajar = The Enhancement of Coasting Underachiever Goal-Setting and Learning Strategic Planning Skill Through Goal-Setting and Learning Strategic Planning Program
Carla Adi Pramono;
Miranda Diponegoro Zarfiel, supervisor; Evita Eddie Singgih, examiner; Gagan Hartana Tupah Brama, examiner
([Publisher not identified]
, 2012)
|
ABSTRAK Siswa underachiever adalah siswa yang sebenarnya memiliki potensikecerdasan yang berada pada taraf rata-rata bahkan cerdas, tetapi memilikiprestasi yang rendah. Salah satu tipe siswa underachiever adalah coastingunderachiever, tipe yang paling umum dialami siswa. Karakteristik khas darimereka adalah perilaku prokrastinasi yang ekstreem. Penelitian ini bertujuanuntuk membuktikan apakah pemberian program penetapan tujuan danperencanaan strategi belajar efektif untuk meningkatkan keterampilan penetapantujuan dan perencanaan strategi belajar pada siswa coasting underachiever.Subjek dalam penelitian ini adalah seorang siswa coasting underachiever berusia13 tahun 4 bulan. Hasilnya menunjukkan bahwa program berhasil menyentuhaspek kognitif, tetapi belum menyentuh aspek afektif dan psikomotor. Subjekmenjadi tahu adanya kriteria dalam penetapan tujuan dan macam-macam strategibelajar baru yang dapat dilakukannya. Perlunya waktu pemberian program yanglebih panjang disarankan untuk mendorong perubahan dalam aspek afektif danpsikomotor juga. Abstract Underachievers are students who actually have the potential of intelligencethat are on the average level of even intelligent, but have low achievement.Coasting underachievers are the most common types of underachievers. Theseindividuals are easily identified by their extreme procrastination. This study aimsto prove whether the goal-setting and learning strategic planning program iseffective to enhance coasting underachiever goal-setting and learning strategicplanning skill. Subject in this study is a coasting underachiever aged 13 years 4months. The result shows that the program succeeded to touch the cognitiveaspect, failed to touch the affective and psychomotor aspects. The subject came toknow the criteria in goal-setting and a variety of new learning strategies that canbe done. The need for the provision of a longer program is recommended toencourage changes in affective and psychomotor aspects as well. |
No. Panggil : | T31195 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2012 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xii, 84 pages : illustration ; 29 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T31195 | 15-19-350010862 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20314243 |