Deskripsi Lengkap
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text (rdacontent) |
Tipe Media : | unmediated (rdamedia); computer (rdamedia) |
Tipe Carrier : | volume (rdacarrier); online resource (rdacarrier) |
Deskripsi Fisik : | xiii, 85 pages : illustration ; 29 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
- Ketersediaan
- File Digital: 1
- Ulasan
- Sampul
- Abstrak
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T31198 | 15-19-750105687 | TERSEDIA |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20314262 |
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas Resource Development and Installation (RDI), sebagai tahapan stabilisasi psikologis pada anak usia 9 tahun yang mengalami trauma pada masa perkembangan. Penelitian dilakukan dalam empat sesi yang setiap sesinya berlangsung selama 60 menit. Teknik RDI diterapkan guna mengaktifasi perasaan aman dan sumber daya positif pada anak. Hasil dari penelitian menunjukan kemampuan partisipan dalam mengembangkan perasaan aman. Partisipan menunjukan perubahan perilaku yang terlihat dalam pengukuran Child Behavior Checklist (CBCL) sebelum dan sesudah intervensi.
Abstract
This study aims to determine the effectiveness of Resource Developmental and Installation (RDI) technique as a psychological stabilization in 9-years-old child with developmental trauma. The study was done in a total of 4 sessions with each session runs for 60 minutes. RDI protocols served as activating agent in order to activate positive resources. The results of the intervention program show positive results. The participant was able to successfully develop a sense of security and gain positive resource. Participant indicates behavioral changes that were reflected in the Child Behavioral Checklist (CBCL) scores pre and post intervention.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas Resource Development and Installation (RDI), sebagai tahapan stabilisasi psikologis pada anak usia 9 tahun yang mengalami trauma pada masa perkembangan. Penelitian dilakukan dalam empat sesi yang setiap sesinya berlangsung selama 60 menit. Teknik RDI diterapkan guna mengaktifasi perasaan aman dan sumber daya positif pada anak. Hasil dari penelitian menunjukan kemampuan partisipan dalam mengembangkan perasaan aman. Partisipan menunjukan perubahan perilaku yang terlihat dalam pengukuran Child Behavior Checklist (CBCL) sebelum dan sesudah intervensi.
Abstract
This study aims to determine the effectiveness of Resource Developmental and Installation (RDI) technique as a psychological stabilization in 9-years-old child with developmental trauma. The study was done in a total of 4 sessions with each session runs for 60 minutes. RDI protocols served as activating agent in order to activate positive resources. The results of the intervention program show positive results. The participant was able to successfully develop a sense of security and gain positive resource. Participant indicates behavioral changes that were reflected in the Child Behavioral Checklist (CBCL) scores pre and post intervention.