Deskripsi Lengkap
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text (rdacontent) |
Tipe Media : | unmediated (rdamedia); computer (rdamedia) |
Tipe Carrier : | volume (rdacarrier); online resource (rdacarrier) |
Deskripsi Fisik : | xii, 47 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
- Ketersediaan
- File Digital: 1
- Ulasan
- Sampul
- Abstrak
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
S43773 | 14-24-57175546 | TERSEDIA |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20314273 |
Abstrak
ABSTRAK
Perawat berkewajiban untuk melakukan pendokumentasian asuhan keperawatan, namun pengetahuan perawat terkait dokumentasi keperawatan dinilai masih kurang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain studi deskriptif korelatif yang bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pengetahuan perawat terkait pendokumentasian keperawatan di RSUP Persahabatan. Sampel penelitian adalah sebagian perawat yang bertugas di ruang rawat inap RSUP Persahabatan sebanyak 106 orang. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan perawat terkait pendokumentasian keperawatan mencapai 64,4% (kategori cukup baik). Terdapat hubungan antara pendidikan dengan pengetahuan perawat terkait pendokumentasian keperawatan (p=0,006), usia dengan pengetahuan perawat terkait pendokumentasian keperawatan (p=0,001), masa kerja dengan pengetahuan pengetahuan perawat terkait pendokumentasian keperawatan (p=0,002), serta pelatihan dengan pengetahuan perawat terkait pendokumentasian keperawatan (p=0,005). Hasil penelitian menyarankan peningkatan pengetahuan dalam pendokumentasian keperawatan melalui faktor-faktor yang mempengaruhi pengetahuan, yaitu peningkatan pendidikan perawat ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi serta mengupayakan pemberian pelatihan pendokumentasian keperawatan secara berkala.
ABSTRACT
Nurses are obliged to do documentation of nursing care, but the nurse's knowledge related to nursing documentation is still considered lacking. This study uses quantitative methods to the design of descriptive correlative study which aimed to identify factors that influence nurse's knowledge related to nursing documentation in Persahabatan Hospital. The samples were partially nurse who works in the inpatient room at Persahabatan Hospital as many as 106 people. The result has shown that the level of nurse's knowledge in nursing documentation has reached 64.4% (good enough category). There was a correlation between education to nurse's knowledge of nursing documentation (p=0.006), age with nurse's knowledge of nursing documentation (p=0.001), time of work with nurse's knowledge of nursing documentation (p=0.002), and the training with nurse's knowladge of nursing documentation (p=0.005). The result has suggested to improve the knowledge of nurses in nursing documentation through the factors that influence knowledge, such as increasing nurse education to higher levels of education and providing periodic training of nursing documentation.
Perawat berkewajiban untuk melakukan pendokumentasian asuhan keperawatan, namun pengetahuan perawat terkait dokumentasi keperawatan dinilai masih kurang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain studi deskriptif korelatif yang bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pengetahuan perawat terkait pendokumentasian keperawatan di RSUP Persahabatan. Sampel penelitian adalah sebagian perawat yang bertugas di ruang rawat inap RSUP Persahabatan sebanyak 106 orang. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan perawat terkait pendokumentasian keperawatan mencapai 64,4% (kategori cukup baik). Terdapat hubungan antara pendidikan dengan pengetahuan perawat terkait pendokumentasian keperawatan (p=0,006), usia dengan pengetahuan perawat terkait pendokumentasian keperawatan (p=0,001), masa kerja dengan pengetahuan pengetahuan perawat terkait pendokumentasian keperawatan (p=0,002), serta pelatihan dengan pengetahuan perawat terkait pendokumentasian keperawatan (p=0,005). Hasil penelitian menyarankan peningkatan pengetahuan dalam pendokumentasian keperawatan melalui faktor-faktor yang mempengaruhi pengetahuan, yaitu peningkatan pendidikan perawat ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi serta mengupayakan pemberian pelatihan pendokumentasian keperawatan secara berkala.
ABSTRACT
Nurses are obliged to do documentation of nursing care, but the nurse's knowledge related to nursing documentation is still considered lacking. This study uses quantitative methods to the design of descriptive correlative study which aimed to identify factors that influence nurse's knowledge related to nursing documentation in Persahabatan Hospital. The samples were partially nurse who works in the inpatient room at Persahabatan Hospital as many as 106 people. The result has shown that the level of nurse's knowledge in nursing documentation has reached 64.4% (good enough category). There was a correlation between education to nurse's knowledge of nursing documentation (p=0.006), age with nurse's knowledge of nursing documentation (p=0.001), time of work with nurse's knowledge of nursing documentation (p=0.002), and the training with nurse's knowladge of nursing documentation (p=0.005). The result has suggested to improve the knowledge of nurses in nursing documentation through the factors that influence knowledge, such as increasing nurse education to higher levels of education and providing periodic training of nursing documentation.