ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan silabus kursus bahasa Inggris bagipemandu Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa di lingkungan Arsip NasionalRepublik Indonesia. Penelitian ini berpusat pada pemelajar dan menggunakanancangan kualitatif dan kuantitatif. Ancangan kualitatif digunakan untukmengidentifikasi kebutuhan komunikatif dan mendeskripsikan silabus yang tepatguna berdasarkan analisis kebutuhan yang diperoleh melalui hasil wawancara,sedangkan ancangan kuantitatif digunakan untuk menganalisis data yangdiperoleh dari kuesioner dan dari tes kemahiran berbahasa Inggris. Hasilkuesioner digunakan untuk menyusun profil calon pemelajar. Hasil wawancaradigunakan untuk memperoleh data tentang kebutuhan bahasa Inggris pemelajar.Analisis kebutuhan yang diterapkan meliputi situasi kini dan analisis situasisasaran. Silabus yang dirancang memuat tugas, keterampilan, sasaran, dan fungsikomunikatif. Silabus yang dihasilkan digunakan sebagai acuan kursus bahasaInggris pemandu Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa di lingkungan ArsipNasional Republik Indonesia. Abstract This research is conducted to produce English course syllabus for diorama guideof the Nation?s Journey History at Arsip Nasional Republik Indonesia. Theresearch is focused on learners and it is a qualitative and quantitative research.The qualitative research is used for identifying the communicative needs anddescribing the suitable syllabus based on needs analysis which is obtained frominterviews, meanwhile the quantitative research is used for analyzing dataobtained from the questionnaires and English proficiency test. The results ofquestionnaires are used to create profile of the learners. The results of interviewsare used to get English needs of the learners. Present situation analysis and targetsituation analysis are needs analysis applied for this research. Syllabus producedcontains tasks, language skills, goals, targets, and communicative functions. Itwill be used as guidance of special English course for diorama guide of theNation?s Journey History at Arsip Nasional Republik Indonesia. |