ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah rubrik penilaian tulisan,khususnya tulisan discussion. Rubrik ini dibuat sesuai dengan standar penilaianpada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di tingkat SMA untuk dapatdigunakan guru dalam menilai hasil tulisan siswa. Berdasarkan pengamatan yangdilakukan pada dua orang guru Bahasa Inggris di SMA Negeri 8 dan 15 KotaTangerang diketahui bahwa bentuk penilaian terhadap hasil tulisan siswa kelas XIIPA dilakukan dengan hanya memberikan poin atau nilai tanpa kriteria yang jelas.Penilaian seperti ini cenderung subjektif, tidak akurat, dan tidak sesuai denganbentuk penilaian yang telah diamanatkan dalam KTSP. Salah satu cara untukmengatasi hal ini adalah dengan penggunaan rubrik penilaian. Pengembanganrubrik ini dilakuan melalui 7 tahap pengembangan, yaitu penelitian danpengumpulan data awal, perencanaan, pembuatan produk awal, uji coba awal,perbaikan produk awal, uji coba lapangan, dan perbaikan produk operasional.Pada pengembangan rubrik ini diambil 16 hasil tulisan siswa. Analisis data padapenelitian ini dilakukan dengan menganalisis dan menilai buram 1 yang ditulissiswa, buram 2 hasil perbaikan tulisan siswa, hasil uji kuesioner dan wawancarapertama mengenai format rubrik yang telah jadi, dan hasil uji kesioner danwawancara kedua mengenai manfaat rubrik dalam membantu siswa memperbaikitulisan pada buram 2. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan rubrikdapat meningkatkan rerata nilai pada tiap kategori penilaian dan siswamenganggap penggunaan rubrik ini efektif dalam membantu mereka memperbaikitulisan. Abstract This research aims at developing a writing assessment rubric for a discussion text.This rubric is made in accordance with the assessment standard of the currentSenior High School curriculum, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) tobe used by the teachers. Based on observations made of two high school Englishteachers at SMA Negeri 8 dan 15 Kota Tangerang , it was found that theassessment of students' writing in class XI was done by simply giving points orgrades without any clear criteria. Such assessments tend to be subjective,inaccurate, and are not helpful for students. One way to overcome this is to use anassessment rubric. The development of this rubric was done through 7 stages ofdevelopment, namely research and information collection, planning, developingpremilinary forms of the product, premilinary field testing, main product revision,main field testing, and operational product revision. The development of thisrubric is based on 16 students' writing. Analysis of data in this study wasconducted by analyzing and assessing students' writing in first and second draftsas well as the results of the first and second questionnaires and interviews. Theresults show that the use of assessment rubric can significantly increase thestudents? average score for every assessment category. Furthermore, the studentsconsider using the rubric is effective in helping them improve their writing. |